Bismillaahirrahmannirrahim

Sobat semua,

Ada ibroh berharga yang bisa kita ambil dari fenomena alam yang ada di Palestina. Di sana ada dua laut yang berbeda sifat dan karakteristiknya, yaitu Laut Galilea dan Laut Mati.

Laut Galilea adalah laut yang airnya jernih. Ia merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang tinggal di dalam maupun di sekitarnya.


Sedangkan Laut Mati mempunyai sifat dan karakteristik yang sesuai dengan namanya. Airnya sangat asin dan baunya sangat tidak sedap. Tak ada kehidupan di dalam ataupun di sekelilingnya.

Yang menarik di antara kedua laut itu adalah ada sebuah sungai yang mengaliri keduanya, yaitu Sungai Jordan. Laut Galilea menerima aliran air dari sungai itu dan mengalirkannya lagi ke tempat lain.
Hal ini berbeda dengan Laut Mati, ia hanya menampung air dari Sungai Jordan dan tidak mengalirkannya. Itulah yang membuatnya mati. Mau menerima tetapi tidak mau berbagi.

Itulah sekelumit pelajaran dari alam. Allah memberi kita pelajaran bagaimana menjalani hidup dengan cinta. Mencintai adalah kerelaan memberi tanpa mengharap imbalan apapun. Pecinta sejati hanyalah memberi... ia hanya mengharap balasan dari Tuhannya, bukan dari sesama manusia. Seperti yang digambarkan dalam surat al-Maa'idah [5]: 54
"...kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela..."

Sobat semua,
Sudah selayaknya kita berbagi dan meneruskan kebaikan-kebaikan yang telah kita terima.
Tak kan berkurang ilmu yang kita amalkan...
Tak kan habis harta yang kita dermakan...

Semoga Allah senantiasa membimbing setiap langkah kita.


*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*




Visit Wahyudi Blog !

Sumber: RENUNGAN N KISAH INSPIRATIF