Ultra Glossy Text Effect

Tadi waktu iseng googling tentang Photoshop, saya nemu tutorial tentang membuat tulisan tampak mengkilap dengan efek kaca gitu. Saya pikir pasti susah untuk membuat efek tersebut di Photoshop. Tapi setelah saya lihat dan baca tutorialnya ternyata mudah juga untuk diikuti oleh orang yang awam dalam menggunakan photoshop seperti saya ini.

Nah, dikesempatan kali ini saya pengen menuliskan apa yang sudah saya praktekkan dari tutorial tersebut. Itung - itung nambah artikel di blog ini lagi (maklum dah lama dianggurin).

Sesuai dengan judulnya yaitu "Ultra Glossy Text Effect", maka yang akan kita buat seperti ini :

Ultra Glossy Text Effect


Langkah 1.

Buat dokumen baru dengan lebar dan tinggi (width & height) 700 pixels dengan resolusi 72 pixels/inch. Selanjutnya adalah memasang background. Disini saya menggunakan tekstur kayu (wood panel texture), kalian dapat googling atau bisa juga menggunakan background lain sesuai selera. Namun apabila kalian ingin menggunakan background seperti yang saya gunakan, kalian dapat mengambilnya melalui [Link ini].

Berikutnya yang harus kita lakukan adalah menghilangkan warna dan membuat bakground agak gelap dengan menggunakan perintah Desaturate (Image > Adjustments > Desaturate) atau dapat menggunakan tombol Shift + Ctrl + U.

Setelah dilakukan desaturate, pada background kita tambahkan Gradient. Penyesuaian gradient kurang lebih seperti berikut :


Dengan menambahkan gradien tadi maka background akan tampak seperti ini :



Langkah 2.

Langkah 2 ini kita akan membuat sebuah tulisan. Untuk jenis huruf / font yang akan digunakan bisa menggunakan jenis huruf apa saja sesuai selera. Dalam contoh ini saya menggunakan font Lobster.


Sekarang kita mulai menggunakan layer styles. Yang pertama adalah membuat bayangan dari tulisan tersebut menggunakan Drop Shadow.


Selanjutnya adalah Outer Glow.


Sekarang adalah Bevel and Emboss.


Dobel klik pada kotak Gloss Contour dan kita akan membuat kontur sendiri untuk diterapkan pada text / tulisan yang akan kita buat. Dalam kotak Mapping, kita akan menemukan garis lurus. Tarik garis tersebut sehingga berbentuk seperti ini :


Sekarang kita tambahkan Color Overlay dengan warna biru terang.


Lalu kita atur Gradient Overlay seperti berikut ini :


Setelah itu klik tombol OK untuk menerapkan Style yang telah kita seting tadi.


Langkah 3.

Untuk Pattern Overlay, saya menggunakan gambar yang saya peroleh dari [sini].


Dari gambar tersebut, kita desaturate (Shift + Ctrl + U) untuk menghilangkan warnanya. Selanjutnya kita gunakan filter Spherize (Filter > Distort > Spherize...) dengan Amount pada 100%. Maka akan terlihat seperti ini :


Selanjutnya kita gunakan filter Radial Blur (Filter > Blur > Radial Blur...) dengan Amount pada angka 15. Maka gambar tersebut akan menjadi :


Nah, setelah itu kita simpan gambar tersebut sebagai pattern (Edit > Define Pattern...). Beri nama pattern dengan Pattern 1.

Kita kembali lagi pada tulisan yang kita buat tadi. Sekarang kita tambahkan pattern yang barusan kita buat tadi. Pilih Pattern Overlay, lalu pada kotak pilihan pattern pilih pattern yang tadi kita buat.


Kita gunakan kursor kita untuk mengubah posisi pattern pada text / tulisan yang kita buat namun dengan keadaan jendela Pattern Overlay masih terbuka sehingga akan menghasilkan gambar seperti ini :


Kalau sudah tepat posisi pattern seperti gambar diatas, selanjutnya adalah kita tambahkan Stroke pada Layer Style.


Langkah yang terakhir adalah kita tambahkan kilapan cahaya menggunakan soft brush berwarna putih di atas tulisan yang kita buat.


Sebagai contoh kita tempatkan di beberapa tempat seperti berikut :


Dan inilah hasilnya :


Mudah bukan...???
[ Download file PSD ]
Sumber : wegraphics

 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !