Empat Jenis Makanan Berpotensi Menyebabkan Masalah pada Jantung yang Perlu Dihindari Menurut Para Ahli

Empat Jenis Makanan Berpotensi Menyebabkan Masalah pada Jantung yang Perlu Dihindari Menurut Para Ahli

Jantung merupakan organ vital yang sangat penting bagi tubuh kita, dan penting untuk merawatnya dengan pola makan yang sehat dan seimbang. Sayangnya, ada beberapa jenis makanan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung kita, sehingga sebaiknya kita hindari atau batasi konsumsinya. 

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan empat jenis makanan umum yang berpotensi membahayakan kesehatan jantung, dan menjelaskan mengapa sebaiknya kita menghindarinya untuk menjaga kesehatan jantung kita. 

Setiap indikasi didukung oleh penelitian ilmiah. Siap untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang dapat merusak kesehatan jantung Anda?

Diet soda

Minuman Soda Diet

Soda diet sering dipilih karena dianggap sebagai alternatif yang lebih aman dibandingkan dengan soda biasa, namun sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Minuman ini mengandung pemanis buatan. Sebuah studi tahun 2021 (dipublikasikan dalam jurnal Nutrients) menyatakan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara konsumsi soda diet dengan penyakit jantung, hipertensi, obesitas, dan diabetes.

peanut butter

Mentega Kacang Rendah Lemak

Seperti halnya dengan soda, hal yang sama berlaku untuk mentega kacang. Apakah mengonsumsi mentega kacang rendah lemak kurang berbahaya? Sayangnya tidak. Pada mentega kacang rendah lemak, lemak diganti dengan gula tambahan. Masalahnya terletak pada fakta bahwa lemak yang dihilangkan adalah lemak sehat bagi jantung, sedangkan gula tambahan dapat berhubungan dengan penyakit jantung, diabetes, dan obesitas, menurut sebuah studi tahun 2017 yang dipublikasikan di jurnal Open Heart.

Ketchup


Saus Tomat

Saus tomat, seperti banyak bumbu lain yang kita sukai, mengandung jumlah gula tambahan dan natrium yang tinggi. Seperti yang telah kita lihat, gula tambahan berhubungan dengan terjadinya penyakit jantung, namun dalam hal ini juga terdapat natrium. Natrium meningkatkan tekanan darah, berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Canned soup

Sup Kaleng

Banyak sup kaleng yang mengandung natrium tinggi, yang digunakan untuk memperpanjang masa simpan produk, namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hal ini dapat berbahaya: konsumsi natrium yang berlebihan meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Pola makan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan. Selain itu, kita juga harus menghindari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plisss...
Jangan nyepam (spam), jangan promosi (apapun itu), jangan SARA, jangan OOT...

Mohon kerja samanya, berikan komentar yang berbobot dan bermanfaat bagi semua... ^^

Artikel Unggulan

Panduan Makan Sehat bagi Generasi Z: Tips Mudah untuk Menjaga Energi dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Energi saat Berlatih: Nutrisi Penting untuk Atlet Generasi Z Gaya hidup aktif dan olahraga merupakan hal yang sangat p...

Paling Populer dalam Sebulan