Taskbar adalah suatu indikator di bagian bawah layar Windows sebagai tempat menampilkan aplikasi atau program yang sedang aktif dan yang sedang bekerja juga berisi tombol Start dan beberapa ikon atau tombol saja. Pada umumnya Taskbar terletak pada bagian bawah dari desktop windows. Namun taskbar inipun bisa dirubah tempatnya di sisi kiri atau kanan maupun diatas pada jendela desktop.

Indikator yang muncul di Taskbar ini secara otomatis akan bertambah apabila kita membuka suatu aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang ditampilkan maka akan bertambah indikator di Taskbar ini. Seumpama kita sedang bekerja dengan Microsoft Windows , kita bisa menambahkan beberapa indikator penting, Address, Desktop atau New Toolbar.

Jadi, fungsi taskbar terbsebut adalah untuk memulai (menjalankan) dan memonitor atau memanage aplikasi desktop yang sedang berjalan. Taks artinya tugas (sebuah pekerjaan) dan bar artinya palang/batang, jadi taskbar adalah palang tugas


Microsoft mulai menambahkan taskbar pada Windows 95. Linux atau sistem operasi lain mungkin punya nama dan metode tersendiri untuk manajemen task atau peluncur aplikasi seperti panel atau dock.

Elemen taskbar dan fungsi taskbar .
Taksbar terdiri dari 3 elemen utama, yaitu:

  • Start menu, yang bulet dan paling kiri itu fungsinya untuk menampung shortcut-shortcut perintah untuk mengakses dan menjalankan program, dokumen, setting dll.
  • Middle section, bagian tengah yang menampilkan program-program dan files yang sedang anda buka dan memungkinkan untuk melakukan switch secara cepat. Seperti contoh diatas, saya sedang menjalankan Google Chrome, Jet Audio, Windows Explorer, notepad, dan Picasa.
  • The notification area, yang terdapat jam dan tanggal juga ikon-ikon yang mengkomunikasikan status seperti program dan seting komputer.
Customize the taskbar

Kita bisa meng-customize taskbar sehingga bisa disesuiakan dengan kebutuhan kita. Misalkan, memindahkan taskbar ke bagian kiri desktop, kanan, atau atas dengan men-drag taskbar tersebut. Taskbar juga bisa diperlebar atau disembunyikan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai taskbar dan fungsi taskbar, silahkan klik Start Button di Windows 7 / vista / XP , pilih Help and Support lalu di kolom Search Help ketikan “taskbar” dan klik enter.

taskbar ini dapat diubah warnanya secara mudah tanpa menggunakan software. Pada windows xp, warna tampilan taskbar pun juga dapat diubah ubah dengan melakukan sedikit setting pada display properties pada tab appearance dan color scheme. Hanya saja pilihan warna hanya terbatas 3 warna saja, blue, hijau dan silver.

Pada windows vista dan 7 pilihan warna untuk merubah warna taskbar tersedia lebih banyak dan lebih lengkap daripada windows xp. Untuk merubah tampilan warna taskbar pada windows vista / 7 dapat dilakukan dengan cara mudah berikut ini :
  • Klik kanan pada desktop pilih personalize
  • Pada jendela yang muncul pilih window color yang terletak dibagian bawah lalu klik
  • Pilih salah satu warna yang tersedia ( atau atur dengan color mixer )
  • Atur color intensity menjadi paling kanan ( geser ke kanan ) dan akan terlihat previewnya
  • Setelah selesai memilih, klik Save changes / OK maka akan terlihat hasilnya.



 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !