Belum lama ini mendengar berita bahwa di Amerika sono lagi terkena wabah. Wabah salmonella yang membuat pemerintah Amerika harus menarik ribuan bahkan jutaan butir telur ayam. Dikabarkan bahwa wabah ini telah menginfeksi beberapa orang dan ditakutkan akan meluas. Untuk itu pemerintah negeri paman sam tersebut menarik jutaan butir telur ayam dari peredaran dan menganjurkan kepada masyarakat untuk tidak mengkonsumsi telur telur ayam yang telah dibelinya.

Apasih salmonella itu...???
Segitu parahkah wabah ini...???


Bakteri Salmonella typhimurium





Salmonella adalah bakteri yang dapat hidup dalam saluran usus manusia dan hewan lainnya. Ada berbagai jenis bakteri, jenis yang paling umum di Amerika Serikat Salmonella typhimurium dan Salmonella enteritidis. Setiap makanan mentah yang berasal dari hewan dan beberapa buah-buahan dan sayuran dapat membawa bakteri salmonella, begitu juga dengan sumber-sumber non-makanan.

Gambar yang ditampilkan di atas adalah gambar yang telah diperbesar dimana bakteri salmonella sedang menyerang sel manusia.

Lantas makanan yang bagaimanakah yang rentan terkena/terjangkit Salmonella...???


Telur sangat rentan terkena salmonella



Setiap makanan mentah yang berasal dari hewan - seperti daging, unggas, susu dan produk susu, telur, dan makanan laut - dan beberapa buah-buahan dan sayuran dapat membawa bakteri salmonella. Kita harus menghindari makan daging mentah atau setengah matang, telur, juga produk susu yang belum dipanaskan/dimasak. Daftar ini juga meliputi makanan buatan sendiri yang dibuat dengan telur mentah, seperti mayones, adonan kue, dan es krim.

Kalau seperti itu, apakah dengan mencuci kemudian memasaknya hingga matang dapat mengurangi bahkan membutuh bakteri tersebut...???


Kini harus hati hati dalam mengolah makanan



memasak hingga benar benar matang memang dapat membunuh salmonella. Namun kalau hanya mencuci buah dan sayuran saja walaupun itu dilakukan berulang ulang, hal tersebut tidak dapat menyingkirkan salmonella, terutama selama salmonella tersebut tengah mewabah. Yang terbaik hanyalah membuang produk produk yang terinfeksi dan jangan mengkonsumsinya. Selanjutnya, ketika para pejabat kesehatan masih memperingatkan masyarakat untuk tidak memakan makanan yang berpotensi terkontaminasi selama wabah tersebut berlangsung, itu berarti Anda tidak boleh makan makanan tersebut, baik itu yang telah dimasak sampai benar benar matang maupun yang dimakan secara mentah mentah.

Berikut tips tips aman...!!!


Selalu menjaga kebersihan itu yang terbaik



Pemerintah Amerika sana merekomendasikan praktek-praktek yang dapat dilakukan dalam menangani semua buah-buahan dan sayuran untuk mencegah keracunan makanan:
  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat sebelum dan sesudah beraktifitas dengan buah buahan dan sayuran.
  • Cuci buah dan sayur secara menyeluruh di bawah air mengalir, dan jangan mencuci dalam bak mandi atau wastafel.
  • Gunakan talenan dan peralatan lain yang bersih. Jangan sampai peralatan makan seperti piring, gelas, sendok dan sebagainya bersentuhan langsung dengan makanan mentah lain.

Itu tadi penyebaran salmonella lewat makanan. Lantas penyebaran salmonella yang lewat non makanan bagaimana...???


Binatang peliharaan juga berperan dalam penyebaran Salmonella



Hewan peliharaan juga dapat membawa bakteri salmonella dalam usus mereka, sehingga kotoran mereka menjadi perhatian potensial. hewan peliharaan tertentu, seperti kura-kura, ular dan reptil lainnya, dan anak ayam dan burung lain lebih mungkin membawa bakteri tersebut. Yang terpenting adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air hangat setelah memegang dan membersihkan kandang hewan peliharaan.


Lucu tapi dapat membawa penyakit



Ini nih, peringatan bagi orang tua yang mempunyai anak kecil. Biasanya anak kecil senang sekali dengan anak ayam karena anak ayam itu bisa dibilang lucu. Akan tetapi, anak ayam sangat berpotensi sekali terjangkit salmonella ini, jadi para orang tua sebaiknya waspada dan selalu awasi anak anak.

Lantas gejala gejalanya seperti apa bila terkena salmonella dan bagaimana penanganannya...???


Waspada pada setiap gejala yang timbul



Gejala salmonellosis seperti kram perut, diare, dan demam yang terjadi 12-72 jam setelah terinfeksi. Kebanyakan orang bisa sembuh dalam empat sampai tujuh hari dan tidak memerlukan pengobatan lain selain minum banyak cairan. Orang dengan diare berat mungkin memerlukan rehidrasi dengan cairan intravena. Antibiotik biasanya tidak digunakan kecuali infeksi salmonella telah menyebar di luar usus. Serius - dan berpotensi fatal - kasus yang lebih mungkin pada anak-anak, orang-orang tua, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.


Kita khususnya yang berada di Indonesia sebenarnya tidak perlu khawatir yang berlebihan karena wabah tersebut terjadi di Amerika sana akan tetapi kita tetap harus waspada pada setiap kemungkinan kemingkinan yang terjadi.

Semoga penjelasan tapi dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang Salmonella beserta cara cara penyebarannya dan bagaimana pencegahannya sehingga kita dapat mengantisipasi apabila wabah tersebut tengah hijrah kemana mana dan sampai kesini (Semoga jangan sampai, amin).
Sumber : webmd.com



*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !