Document Search Engine dengan Inline Viewer



Jika kita pengen mencari sebuah file yang berformat doc, xls, ppt atau pdf lewat Google, kita harus menambahkan filetype untuk mencarinya. Misalnya kita akan mencari sebuah referensi pemrograman kita harus ketikkan pemrograman filetype:pdf.

Sebenarnya kita gak perlu menuliskan filetype seperti itu lagi.
Nah trus gimana donk kalo kita mau nyari file dengan format doc, pdf dan yang laennya....?

Tenang, dengan DocJax, proses mencari file lebih mudah. DocJax merupakan search engine (mesin pencari) seperti google hanya saja dikhususkan untuk pencarian dokumen ( doc, xls,ppt dan pdf). Kita dapat mencari dokumen, publikasi, ebook dari internet dan melihat tampilan/isinya sekilas (preview) ataupun langsung download.


Hal ini berbeda dengan google. Kelemahan teknik pencarian google ini adalah tidak semua hasil pencarian dari google memberikan preview dokumen tersebut ( View as HTML), juga jika mencari beberapa tipe sekaligus, maka harus menulis ulang dengan menambahkan filetype. Misalnya: Pemrograman filetype:pdf OR filetype:doc OR filetype:XLS.

DocJax juga bisa digunakan dengan tambahan operator situs seperti inurl dan intitle sehingga dapat dicari dengan membatasi dari situs tertentu. Misalnya: Computer inurl:microsoft.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plisss...
Jangan nyepam (spam), jangan promosi (apapun itu), jangan SARA, jangan OOT...

Mohon kerja samanya, berikan komentar yang berbobot dan bermanfaat bagi semua... ^^

Artikel Unggulan

Panduan Makan Sehat bagi Generasi Z: Tips Mudah untuk Menjaga Energi dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Energi saat Berlatih: Nutrisi Penting untuk Atlet Generasi Z Gaya hidup aktif dan olahraga merupakan hal yang sangat p...

Paling Populer dalam Sebulan