Stres adalah suatu kondisi dimana keadaan tubuh terganggu karena tekanan psikologis. Biasanya stres dikaitkan bukan karena penyakit fisik tetapi lebih mengenai kejiwaan. Akan tetapi karena pengaruh stres tersebut maka penyakit fisik bisa muncul akibat lemahnya dan rendahnya daya tahan tubuh pada saat tersebut.

Banyak hal yang bisa memicu stres muncul seperti rasa khawatir, perasaan kesal, kecapekan, frustasi, perasaan tertekan, kesedihan, pekerjaan yang berlebihan, Pre Menstrual Syndrome (PMS), terlalu fokus pada suatu hal, perasaan bingung, berduka cita dan juga rasa takut. Biasanya hal ini dapat diatasi dengan mengadakan konsultasi kepada psikiater atau beristirahat total.

Namun kita juga tidak perlu mengkhususkan waktu untuk mengurangi stress, kita hanya perlu melakukan beberapa strategi untuk mencegah stress dan mengurangi efek negatifnya pada tubuh kita seperti berikut ini.

1.  Kita harus memperjelas tujuan hidup kita dan mulai meraih tujuan - tujuan itu. Tindakan ini akan mendukung kita untuk mengatasi stress karena kita akan merasa bahwa kita tahu apa yang menjadi tujuan hidup kita dan dengan demikian kita mampu untuk mengendalikan hidup kita sendiri.

2Perbaiki pola makan kita dan usahakan untuk mengurangi bahkan menghindari beberapa stimulan seperti kopi, alkohol, teh, gula dan kita dapat menggunakan teh chamomile sebagai alternatif karena efek penenangnya dapat menolong. Kita juga perlu makan dengan perlahan-lahan dalam sebuah lingkungan yang tenang untuk membiarkan sistem pencernaan kita bekerja dengan baik. Kita dapat menggunakan madu sebagai alternatif pengganti gula tetapi dalam jumlah yang sedikit misal satu atau dua sendok saja setiap hari.

3Mandilah dengan air panas. Cara ini sangat cocok dilakukan setelah satu hari yang amat sibuk dan ketika kita merasa bahwa kita perlu rileks. Kita dapat mandi air panas dengan cara duduk berendam di dalam air hangat dengan tinggi air melebihi pinggang, dapat juga apabila ingin menggunakan minyak lavender karena akan membuat mandi kita akan lebih santai dan besar pengaruhnya dalam mengurangi stress.

4Aromatherapy. Di ruangan kantor atau tempat kita beraktivitas, kita dapat menggunakan aromatherapy untuk membuat santai dan menghindari stress saat beraktivitas. Salah satu cara terbaik adalah menggunakan minyak beraroma lavender. Hal ini adalah cara yang baik untuk rileks sepanjang hari di saat kita begitu membutuhkannya.

5.  Usahakan untuk berolahraga. Hal ini adalah salah satu hal penting yang dapat kita lakukan untuk mengurangi stress dan dapat membawa kebahagiaan atau kepuasan tersendiri. Sewaktu berolahraga, otak kita melepaskan zat-zat yang membawa perasaan bahagia dan relaksasi, kita perlu melakukan aktivitas fisik secara teratur seperti berjalan, menari atau berenang.

6.  Melakukan Beberapa Tehnik pernafasan. Secara sederhana, duduklah dengan mata tertutup dan konsentrasi pada pernafasan. Menarik nafas dalam-dalam secara teratur itu baik bagi kesehatan dan kita juga bisa mempejari berbagai cara pernafasan lainnya untuk memperoleh manfaat lainnya.

7.  Tehnik-tehnik relaksasi dan “hypnotherapy pribadi”. Kita dapat dengan mudah melakukannya. Setelah mandi dengan air panas untuk dapat lebih bersantai, cukup dengan duduk atau berbaring di tempat yang nyaman dengan mata tertutup, membayangkan ada cahaya di atas kepala kita dan konsentrasikan kepadanya, lalu konsentrasikan seluruh tubuh dan cobalah santaikan tubuh dan rasakan relaksasi ini dalam-dalam .

8Memijit. Hal ini adalah cara yang hebat untuk mengurangi stress, biasanya cukup berhasil bila cara lainnya kurang berhasil. Kita bisa mencari tukang pijit profesional atau cukup meminta partner kita untuk memijat kita =).

9Penyembuhan secara spiritual. Yaitu dengan berdoa dan tindakan menolong orang lain juga merupakan komponen-komponen yang amat penting bagi kebahagiaan dan mengurangi stress. Kita akan merasa lebih tenang dan memiliki kedamaian batin.

10Bicarakanlah masalah-masalah sehari hari yang terasa membebani pikiran. Membicarakan perasaan-perasaan kita adalah suatu tindakan mekanisme melepaskan beban kita dan segera kita akan menemukan bahwa membicarakan masalah-masalah kita dengan orang terdekat atau sahabat dapat menolong menemukan solusi bagi permasalahan kita menjadi jelas dan melepaskan seluruh emosi yang tertahan.

11Konsumsilah multivitamin. Misalnya dengan teratur meminum Vitamin B complex yang dapat mengurangi stress.

Cara cara tadi adalah sebagian dari cara cara yang sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghindari stress. Namun justru bagi sebagian orang, stress datang ketika pagi menjelang, ketika bangun pagi dan akan beraktivitas rutin. Jika kita gagal mengatur waktu, pagi hari dapat menjadi bagian yang paling stress dari seharian waktu yang kita jalani. Banyak dari kita sering terburu-buru di pagi hari dalam persiapan berangkat kerja atau sekolah. Sebetulnya tidak harus seperti ini. Dengan sedikit pengelolaan waktu yang baik, hal ini bisa dihindari.

Berikut adalah langkah langkah untuk mengurangi tingkat stress di pagi hari :

1Buatlah persiapan di malam hari secara rutin.
Siapkan pakaian yang hendak kita pakai di esok hari, apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, usahakanlah jangan menaruh kunci motor atau mobil di sembarang tempat. Letakkanlah di tempat khusus, rencanakan sarapan pagi dengan menu yang bergizi, dsb. Tindakan-tindakan sederhana ini saya pikir tidak akan memakan waktu anda lebih dari ½ jam setiap malamnya dan ini saya yakin akan mengurangi sebagian besar kepeningan kita setiap pagi.

2Rencanakan apa yang akan kita lakukan esok hari.
Setiap malam, tulislah agenda-agenda penting esok hari yang harus dilakukan seharian penuh. Ketika kita menulis, jauhkan perasaan khawatir yang menghantui pikiran, misal kita berpikir bagaimana kalau begini, bagaimana kalau begitu. Tuliskan saja rencana-rencana kita dan jam berapa kita akan melakukannya.

3Hilangkan segera hal-hal menjengkelkan yang sudah kita ketahui.
Jika alarm jam kita mengeluarkan suara yang mengerikan, pisau cukur elektrik kita sering melukai kulit, mobil atau motor kita sulit distarter di pagi hari, segeralah perbaiki dan hilangkan faktor-faktor penyebab stress ini dari kehidupan kita. Jika kita telah mengetahui hal-hal tersebut sering menjengkelkan, tidak ada alasan bagi kita untuk menunda-nunda memperbaiki masalah tersebut.

4Istirahat yang baik di malam hari.
Pastikan kita cukup tidur setiap malamnya. Tentukan jam berapa kita akan mulai masuk ke kamar tidur. Jumlah waktu tidur yang disarankan untuk orang dewasa adalah 7 jam sehari. Jika memungkinkan aturlah suhu kamar tidur anda, jangan sampai kita tidur dalam keadaan kedinginan atau kepanasan. Suhu kamar yang baik adalah antara 18 – 25 derajat celcius.
Jika kita peminum kopi, aturlah waktu minum kopi kita. Jangan sampai kita terlalu sore mengkonsumsinya, sehingga kita akan kesulitan tidur di malam hari. Efek kafein dari kopi bekerja setelah 5-6 jam kita mengkonsumsinya.

5Bangunlah ½ jam lebih awal.
Waktu ½ jam dapat membuat perbedaan yang mencolok antara di saat kita menjalani pagi hari dengan tenang atau terburu-buru. Selama kita memiliki waktu istirahat yang cukup, bangun ½ jam lebih awal bukanlah hal yang sulit dan kita akan terbiasa dalam beberapa hari ke depan. Gunakan waktu ½ jam ini untuk melemaskan otot-otot kita, mandi air hangat, sarapan pagi dengan tenang dan melakukan hal-hal lain di luar dugaan.

6Minumlah segelas air putih setelah bangun tidur.
Tubuh kita tersusun dari 60 – 70% cairan. Jadi air adalah komponen yang sangat penting dan kita tidak boleh sampai terkena dehidrasi (kekurangan cairan). Jika kita kekurangan cairan maka darah kita akan mengental dan hal ini mengakibatkan jantung kita memompa darah 2 x lebih keras. Efeknya kita dapat terkena kelelahan baik mental maupun fisik.
Ketika kita tidur panjang di malam hari, tubuh kita akan kekurangan cairan, sehingga penting sekali ketika kita bangun, kita langsung meminum banyak air putih.

7.  Lakukan pelemasan otot-otot selama 5-10 menit di pagi hari.
Apakah kita merasa sedikit terhuyung-huyung/pening ketika kita bangun? Jangan takut, ini adalah hal yang normal. Yang harus kita lakukan adalah membantu melancarkan aliran darah, sebagai transisi dari keadaan tubuh yang kaku setelah kita tidur. Lakukan pelemasan-pelemasan seperti menarik kedua tangan kita keatas kemudian menggerakkannya kekiri dan kekanan, menarik lutut, berjinjit, dsb. (saya yakin anda mengetahui gerakan-gerakan dasar senam pagi). kita juga dapat melakukan sit-up atau push-up jika menginginkan.

8Dengarkan musik dan mandilah air hangat.
Musik dapat mempengaruhi pikiran secara positif, sehingga akan memotivasi kita. Pilihlah lagu-lagu yang membuat anda merasa ceria dan bersemangat sambil kita melakukan aktivitas di pagi hari. Sementara mandi air hangat adalah sebuah pengalaman yang dapat membuat kita merasa tenang di pagi hari dan membuat badan kita menjadi enteng.

9Rapihkan tempat tinggal kita.
Aturlah penempatan-penempatan barang dalam rumah kita sedemikian rupa sehingga kita mengetahui persis dimana letak barang-barang milik kita. Taruhlah kembali pada tempatnya barang-barang yang sudah kita gunakan. Sehingga jika kita hendak menggunakannya, kita tidak perlu mencari kesana-kemari yang dapat membuat kita menjadi stress karena mencarinya.

10.  Bagi anda yang mengendarai mobil atau motor, jangan pulang ke rumah dengan kondisi bensin yang hampir kosong.
Mengisi bensin setelah kita selesai beraktivitas bukanlah hal yang sulit bukan? Tetapi mengapa banyak orang menunda melakukannya? Mungkin karena alasan ingin segera sampai di rumah atau kondisi tubuh kita yang sudah sangat lelah sehingga malas mampir ke pom bensin. Dengan kesibukan di pagi hari ditambah kita harus mampir terlebih dahulu ke pompa bensin, kita dapat terlambat memulai aktivitas, dan tentu saja hal ini bukan awal yang baik.
Selalu periksa tingkat kekosongan bensin kita saat perjalanan pulang dan isilah bensin kita dengan segera apabila sudah mau habis/kosong, jangan menunda.

Demikianlah.....
Semoga bermanfaat.





Sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Stress
  • http://vibizlife.com/health_details.php?pg=health&id=8530
  • http://www.akuinginsukses.com/kurangi-stress-di-pagi-hari-dengan-10-langkah-sederhana/