Jengkel banget kan kalo data data penting kita yang ada di dalam flashdisk jadi korban kejahatan virus...! Apalagi kalo virus itu numpang di flashdisk lalu nular ke komputer kita.... Wah, pasti kacau ! Tentunya kita gak ingin kan kalo data data penting kita dalam komputer maupun flashdisk rusak karena ulah virus. Maka dari itu, kali ini aku pengen bagi bagi tips cara melindungi flashdisk dari serangan virus dengan menggunakan sebuah tool portable yang dapat didownload gratis.

Sebelum kita memulainya, sebaiknya backup dulu semua data yang ada di dalam flashdisk kita. Setelah itu format flashdisk kita untuk memastikan flashdisk kita benar benar bersih dari virus. Biar cepat formatnya kamu bisa menggunakan yang quick format. Kemudian Download file HxDen.zip di bawah ini :

Download

Yup, kita mulai aja langsung.
Pertama kita buat file "autorun.inf" di dalam Flashdisk dengan notepad.



Jalankan hex editor yang telah didownload tadi lalu pilih menu "Open disk". Pilih menu "Physical" dan hilangan tanda centang "Open as Readonly", bila muncul pesan peringatan tekan aja "yes".



Buka menu "Search >> Find" lalu ketik AUTORUN, dan pastikan pilihan Unicode String tidak aktif.



Pada tampilan HxD akan terlihat seperti ini


Di baris tadi akan terlihat urutan berikut :
41 55 54 4F 52 55 4E 20 49 4E 46 20 ..... A U T O R U N I N F .....
Nah, yang akan kita rubah adalah nilai 20 setelah nilai 46 menjadi 40.


Hasilnya akan seperti ini:



Selesai dah, jangan lupa di-Save. Sekarang coba kamu lepaskan dan pasang kembali Flashdisk nya. File "autorun.inf" tadi akan tetap terlihat akan tetapi file tadi sudah tidak bisa dibuka, diubah, dihapus atau dirubah attributnya.


Kemudian jika flashdisk tadi dimasukkan ke komputer yang sudah terinfeksi oleh virus, biasanya virus akan mencoba buat ataupun mengganti file "autorun.inf" di flashdisk tadi pasti akan muncul pesan error (Cannot create file). Itu berarti flashdisk sudah aman dan tidak bisa terinfeksi virus.

Semoga bermanfaat.