"Tiada waktu tanpa jam."


Mungkin itulah kalimat yang digunakan para desainer jam untuk menciptakan bermacam model dan bentuk jam yang artistik dan penuh gaya namun tak jarang bisa membingungkan bagi orang awam yang melihatnya. Kemarin setelah blogwalking kesana kemari, gak sengaja nemuin bermacam bentuk dan rupa beberapa jam disebuah blog "http://www.webofentertainment.com".
Karena terlihat menarik, aku share aja di blog ini sekalian nambah post... maklum dah lama gak posting lagi...





Ada juga jam yang hanya bisa dilihat secara online. Salah satunya yaitu dapat kita lihat di situs berikut, dalam situs ini menampilkan sebuah jam menggunakan format flash dengan animasi yang sangat menarik.


Jam dari Digimech berikut ini mempunyai bentuk yang unik, designed by Duncan Shotton, dengan code code asing yang bergerak perlahan membentuk sebuah waktu :




atau jam yang berikut ini yang didesain oleh Sander Mulder, jam ini memberitaukan waktu kepada kita melalui kalimat yang terpasang atau tertulis di jam itu sendiri. misal saat waktu menunjukkan pukul 6 maka jarum jam menunjuk pada kalimat "It's about six o'clock" atau saat pukul 7 maka menunjuk ke kalimat "it's almost seven now" dan sebagainya.



atau jika kita ingin membaca jam dengan cara yang berbeda,jam geek berikut ini layak untuk diperhitungkan. Apalagi bagi orang orang yang suka akan rumus rumus matematika... pasti akan menyukai jam yang berikut ini.





atau versi yang lain :


dan lebih banyak lagi jam jam yang unik dan aneh yang tentunya juga lebih sulit untuk dibaca dan dimengerti oleh orang awam. Buka situs ini untuk melihat lebih banyak jam jam aneh seperti tadi.


Designer Buro Vormkrijgers menyajikan "Orbit Clock" - info - dan Ross McBride datang dengan konsep jam minimalist "Extra-Normal" - info:





Nah, sekarang lihatlah jam yang berikut ini. Antik bukan...
Lisa Boyer's wooden gear clock plans, jam ini terinspirasi oleh lukisan Leonardo da Vinci, Lebih lengkapnya bisa kunjungi situsini


Jam dengan bentuk yang besar layaknya patung dan sebagainya, mungkin membutuhkan halaman sendiri secara terpisah. Misalnya "grandfather clock" yang terbuat dari bagian bagian sepeda tua seperti dalam video berikut ini :

http://www.youtube.com/watch?v=bfFfOGJq3jE&feature=player_embedded


http://www.youtube.com/watch?v=OJPeZJxRms8&feature=player_embedded


Jam berikut ini lain dari pada yang lain. "Alarm-clock Ring". sama seperti namanya. Jam berikut ini berbentuk cincin yang berfungsi sebagai alarm untuk membangunkan kita dari tidur. Kita cukup memakainya saat akan tidur. Alarm ini akan membangunkan kita dengan getaran getaran sesuai dengan waktu yang telah kita atur. (info)


Jam yang berikut ini dengan bentuk dan model yang sangar...
retro-styled "Bomba" (sebelah kiri) dan Alarm Granat, yang susah untuk dimatikan kecuali kita banting ke dinding.



Ditambah lagi dengan "Danger Bomb alarm" yang membutuhkan konsentrasi penuh untuk mematikannya.



Nah, jika kita ingin mengatur letak/bentuk jam sesuka kita sendiri, kita bisa mencoba jam yang satu ini. Angka angkanya bisa kita tempel di dinding sesuka kita.
(designed by Progetti Srl, Italy)



Coba perhatikan Watch Table desain dari Lee J. Rowland :




atau executive desk, dengan moving gears - buatan Dale Mathis :



"AROUND CLOCK" Kombinasi antara pita pengukur dengan kitchen timer, dan hasilnya seperti ini :



Dan kita juga bisa melihat jam tercepat di dunia yang di desain oleh Freddie Yauner melalui video berikut :
http://www.youtube.com/watch?v=ByZ76PwrX80&feature=player_embedded


Berikut ini jam tangan yang aneh, unik tapi menggunakan teknologi yang modern. Seperti yang terlihat pada jam tangan dibawah ini.
dari kiri "LED Binary Watch", "Spy Camera Video Watch", "Bluetooth Watch with Caller ID Display". Ketiga jam itu adalah sebagian dari aneka barang yang disediakan oleh thinkgeek.

Electronic Ink Watch dari SEIKO boleh jadi menjadi perangkat yang paling elegan dalam penyampaian/memberitahukan waktu dalam sejarah. Pasti akan banyak orang yang tak sabar ingin memilikinya. dengan desain ultra-thin serta dapat dipakai dalam bermacam gaya. Juga tersedia dalam bermacam ukuran. (info)



Tetapi kalau yang bosan dengan angka angka, bisa juga memilih jam yang mengungkapkan waktu menggunakan kalimat. Ini dia "Tubular Time" word-clock - Order :



Ini sungguh.... sungguh... ada ada saja... sepertinya manusia tak pernah kehabisan ide. Coba lihat jam berikut ini :













Cassette tape watch? Sure, buy it here - dan juga retro-phone watch by Zihotch :



"Richard Mille RM 01200", "Richard Mille 1" dan "Harry Winston Tourbillon Glissiere"



The RetroGrade Pocket-watch (circa 1900) is a definition of steampunk - it's gorgeous, cryptic and full of its own mad movement:



Jam unik dengan jarum jam yang berjalan setengah lingkaran menyusuri permukaan jam angka demi angka dan akan kembali dengan sendirinya. - info. Cukup banyak juga retrograde watches modern yang ditampilkan di Watchismo :



Kalo ngomongin tentang steampunk watches, master Haruo Suekichi telah membuatnya selama 12 tahun dan menghasilkan kurang lebih sekitar 7,000 buah jam unik, dan akan terus bertambah!



Cabestan's "Winch Tourbillon Vertical" watches adalah jam dengan desain yang unik sekaligus rumit.



Semua komponen sebanyak 1,352 bekerja secara bersama sama! Jam ini hanya dibuat 4 buah dalam sebulan! Kisaran harga mencapai $400,000...



Inilah 1886 Victorian Lancaster. Jam dengan kamera mata mata. - more info



Teknologi "spy-watch" modern yang lainnya - wristwatch dengan hidden USB drive; buy it here



Jam yang terbuat dari hard drive komputer
SRK Consulting membuatnya dalam berbagai gaya/style, sehingga terlihat begitu menarik juga antik.

(project page)





Gimana jam jam tadi...???
Keren, antik, unik atau malah aneh...???

sumber : http://www.webofentertainment.com/2009/09/what-time-is-it.html





Visit Wahyudi Blog !