Pernah gak sih kita mempunyai masalah dengan hewan atau serangga pengganggu di rumah...??? Aku yakin pasti pernah. Hewan hewan ini seperti lalat, kecoa, tikus dan sebagainya sangatlah dan menjijikkan apabila kedapatan berkeliaran di dalam rumah. Apalagi semut, yang dimana ada yang manis manis, disitulah semut menyerbu, keroyokan pula... Selain tidak sedap dipandang dan terlihat kotor, keberadaan mereka juga akan menjadi momok bagi orang orang yang mungkin risih, jijik atau malah takut dengan hewan/serangga tersebut. Nah, berikut ada tips tips sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Kecoa
    Hewan ini sangatlah menjijikkan. Kecoa biasa ditemui di tempat tempat yang lembab seperti dapur, kamar mandi dan sebagainya.
    • Untuk mengusir kecoa, yang kita perlukan adalah kain kasa, karet gelang dan beberapa butir merica. Tumbuk merica hingga halus. Masukan ke dalam kain kasa dan ikat dengan karet. Sekarang, tinggal meletakannya di tempat-tempat biasanya kecoa muncul atau bisa juga diletakan di tempat menyimpan makanan.
    • Karena kecoa tidak menyukai tempat tempat yang harum, kita bisa menggunakan sabun batangan untuk mengusirnya. Caranya potong kecil kecil sabun tadi. Kemudian masukkan kedalam mangkuk yang berisi air secukupnya. Letakkan mangkuk yang berisi sabun tadi ketempat dimana biasa kecoa muncul. Periksa air dan sabun secara rutin agar kecoa kecoa tadi tidak muncul kembali. Tetapi Harus Hati Hati bila dirumah ada anak kecil, Jangan sampai termakan sabun tadi.
  2. Nyamuk
    Wah... hewan yang satu ini bener bener bisa membuat kita tidak betah di rumah. Selain membuat gatal gatal, hewan yang satu ini bisa membawa penyakit seperti malaria, demam berdarah dan sebagainya.
    • Kita bisa menggunakan obat semprot yang biasa dijual di pasaran. Namun karena ini menggunakan bahan kimia, kita bisa menggunakan raket nyamuk.
    • Selain cara tadi, ada cara yang lebih alami dan tidak mahal yaitu dengan bawang putih. Karena aroma bawang putih yang pedas dan menyengat paling ditakuti oleh nyamuk. Caranya ambil beberapa siung, letakan di piring kecil, dan letakan di sudut-sudut ruangan. atau bisa juga dengan meletakkan bawang putih dalam kantong jaring dan gantunglah pada daerah yang banyak nyamuknya.
    • Apabila memingkinkan, kita bisa menanam bawang putih di pekarangan rumah (atau sekitarnya). Karena justru dari pekarangan rumah lah nyamuk nyamuk itu masuk ke dalam.
  3. Semut
    Kecil item sukanya keroyokan. itulah semut. jhahaha....
    Dimanapun ada yang manis manis, disitulah ada semut. Serangga yang satu ini sangat mudah dan cepat ditemui di tempat-tempat yang terdapat makanan yang manis. Untuk mencegah semut datang lagi, coba cara mudah berikut.
    • Selain menggunakan kapur semut (kapur khusus untuk mengusir semut) kita dapat menggunakan jeruk nipis karena semut takut rasa asam. Peras beberapa buah jeruk nipis disebuah wadah lalu celupkan kain lap kering ke air perasan jeruk nipis tadi, kemudian oleskan di tempat kita menaruh makanan, atau jalur yang biasanya dilewati semut. Atau,
    • Peras dan teteskan pada sepanjang jalur yang dilalui semut. Juga oleskan bagian daging buah jeruk nipis pada jalur yang dilalui semut. Ini merupakan cara penanggulangan yang bebas racun, tanpa pencemaran dan aman.
  4. Lalat
    Lalat hewan bersayap yang satu ini selain sangat merugikan juga sangat menjijikkan dan berbahaya. Karena kaki kaki lalat yang membawa kotoran, kuman, bibit penyakit bahkan bahan kimia lalu hinggap dimakanan kita. Hii... mengerikan juga kan...
    Umumnya, ada beberapa cara mengusir lalat. Antara lain:
    • Semprotan insektisida (spray)
      Cara ini dapat membunuh lalat secara instan. Namun, semprotan yang mengandung bahan kimia ini juga tidak sepenuhnya aman bagi penghuni rumah, terutama pada anak-anak.
    • Perangkap
      • Perangkap lem
        Perangkap ini diberi lem untuk menjebak lalat yang hinggap. Perangkap ini ada yang berbahan kertas dan plastik lalat banyak dijual dipasaran. Kita bisa menggantung perangkap ini di dekat jendela dapur atau di luar rumah. Tidak adanya bahan kimia membuat alat ini cukup aman bagi lingkungan dan penghuni rumah.
      • Perangkap elektrik
        Alat ini bisa jadi pilihan efektif dan efisien. Alat ini menggunakan lampu sinar ultraviolet. Dengan sengatan listrik serangga ini langsung mati. Sangat pas untuk aplikasi di dalam ruangan.
    Selain menggunakan cara tadi, kita juga dapat menggunakan cara yang lebih murah dan alami yaitu dengan aroma aroma wangi alami seperti :
    • Dengan Cengkeh
      Gantung setandan cengkeh di dalam ruangan yang sering dikerubungi lalat.
    • Dengan Pandan
      Ambil beberapa helai daun pandan, lalu iris kecil-kecil. Tempatkan irisan daun pandan dalam wadah dan letakkan di tempat yang kerap didatangi lalat.
    • Dengan Lavender
      Ambil beberapa tangkai lavender (Lavandula angustifolia) dan tempatkan pada vas bunga. Letakkan di ruangan yang banyak terdapat lalat. Serangga ini akan menyingkir karena aromanya.
  5. Tikus
    Memang ada banyak cara membunuh tikus, seperti menggunakan perangkap atau lem tikus. Tapi daripada membunuh, lebih baik kita usir saja. Kita bisa menggunakan buah mengkudu. Potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Jangan lupa memakai sarung tangan saat memotong, karena getah mengkudu bisa menyebabkan tangan gatal-gatal. Kemudian letakan potongan-potongan mengkudu tadi, di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Biasanya tikus akan pergi menjauh dari rumah karena bau yang dihasilkan buah mengkudu.


.:: Semoga Bermanfaat ::.



*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !

Sumber :