Green Canyon-nya Gunungkidul
Air Terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul


DESTINASI wisata di Yogyakarta tidak hanya terpusat di kota dan Pantai Selatan. Di sebuah terpencil, wisatawan dapat menemukan tempat rekreasi alam yang cukup indah untuk dinikmati.

Salah satu rekreasi itu berupa air terjun yang terdapat di daerah Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Namanya Air Terjun Sri Gethuk.



Selain terpencil, akses transportasi ke air terjun Sri Gethuk cukup sulit. Namun, pesona yang ditawarkan begitu indah lantaran tepat berada aliran Sungai Oyo dan Gunungkidul, Yogyakarta.

Dari Kota Yogyakarta, lokasi air terjun Sri Gethuk berjarak kurang lebih sekitar 41 kilometer. Untuk mencapainya, wisatawan bisa mengiktu Jalan Wonosari dari pertigaan Gading belok kiri menuju Playen. Lalu carilah jalan yang menuju ke Paliyan, dari situ Sri Gethuk hanya berjarak 1,5 kilometer.

Perjalanan menyusuri Sungai Oyo sampai ke muara Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu daya tarik untuk wisatawan coba dengan perahu. Harga sewa perahu yang ditawarkan untuk satu orang adalah Rp5.000 dan tiket masuk ke air terjun sekitar Rp3.000.



Dahulu Air terjun Sri Gethuk dikenal warga dengan sebutan Air Terjun Slempret. Di sekitar Air Terjun Sri Gethuk juga ada Goa Rancang Kencana dan situs purbakala yang terletak di sekitar Dusun Menggoran, Desa Bleberan Playen, Yogyakarta.



Map :


Lihat Air Terjun Sri Gethuk di peta yang lebih besar


 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !