Kreasi Cantik Dari Ban Bekas

 Kalau kalian punya ban bekas, entah itu ban mobil, ban motor atau ban sepeda yang sudah tak terpakai kira kira apa yang akan kalian lakukan...???
  • Membuangnya ?
  • Dibakar ?
  • Diamkan saja ?
Kalau dibuang tidak di tempat pembuangan khusus atau malah membuangnya begitu saja (sembarang) yang ada ban tersebut bisa mencemari lingkungan karena tidak dapat terurai dan juga pastinya jadi tidak enak dipandang.

Kalau dibakar, tau sendiri kan bagaimana ban bekas kalau dibakar? Beh, asapnya....
Yang jelas sangat tidak sehat buat pernafasan dan dapat mencemari udara (polusi), bau ban kebakar juga gak enak.

Kalau didiamkan saja, kan bikin kotor, rumah juga terlihat nggak bersih. Dari pada didiamkan (dianggurin) gitu aja mending kita ubah aja menjadi sesuatu yang lebih keren, awesome. Yah, setidaknya ban bekas itu jadi terlihat bermanfaat bagi kita.

Ngomong-ngomong manfaatin ban bekas, aku mau ngasih beberapa contoh kreasi dari ban-ban bekas yang semoga bisa ngasih inspirasi buat kalian dalam memanfaatkan ban bekas. Dari pada dibuang atau dibakar, yuk kita manfaatin ban-ban bekas itu.

Dari ban bekas kita bisa membuat Taman.

Dari ban bekas kita bisa membuat Taman
Dari ban bekas kita bisa membuat Taman
Dari ban bekas kita bisa membuat Taman

Susun ban bekas kemudian isi dengan tanah bagian tengahnya. Panas yang diserap oleh karet hitam dari ban sangat membantu bagi pertumbuhan si tanaman. Kita bisa mengisinya dengan tanaman hias, bunga-bungaan atau bahkan sayuran apalagi kalau kita berhasil memanen sayuran tersebut, kan lumayan nggak perlu lagi belanja sayuran ke pasar atau supermarket.

Dari ban bekas kita bisa membuat Keset.

Dari ban bekas kita bisa membuat Keset
Dari ban bekas kita bisa membuat Keset

Ban dalam kendaraan kita juga bisa kita manfaatkan menjadi keset. Keset dari bahan ban dalam ini mempunyai kelebihan yaitu selain anti air, keset dari ban dalam juga anti licin, cocok untuk dipakai di dalam ruangan maupun luar ruang dan yang pasti keset dari ban dalam bekas juga tahan lama. Untuk membuatnya kita harus memotong ban tersebut dan membelahnya sehingga bagian dalam ban bisa dengan mudah kita cuci. setelah ban tersebut dicuci, baru selanjutnya ban dalam tersebut kita potong-potong memanjang. kemudian potongan-potongan tersebut kita anyam hingga membentuk keset.

Dari ban bekas kita juga bisa membuat perhiasan dan sabuk (ikat pinggang).

Dari ban bekas kita juga bisa membuat perhiasan dan sabuk

Wah, anting-anting dan gelang dari ban bekas cukup berkelas juga nampaknya. Terkesan unik dan mewah karena memang sangat jarang orang-orang menggunakan perhiasan dari ban bekas. Untuk sabuk atau ikat pinggang bisa kita buat dengan ban luar sepeda. Nah, sabuk ini cocok banget buat yang hobi bersepeda, semakin mengesankan kalau yang menggunakan sabuk ini benar-benar cinta bersepeda. ^^

Dari ban bekas kita bisa membuat Dudukan Sepeda.

Dari ban bekas kita bisa membuat Dudukan Sepeda

Yup, dari ban mobil bekas kita bisa membuat dudukan sepeda atau yang lebih dikenal dengan "Bike Stand". Kita tinggal menggali tanah yang mau digunakan untuk membuat dudukan sepeda. Selanjutnya ban tersebut disusun dan diatur jaraknya. Setelah dirasa tepat, tinggal kita tutup setengah permukaan ban tersebut. Kalau mau lebih kuat bisa juga disemen.

Dari ban bekas kita bisa membuat Parket Lantai.

Dari ban bekas kita bisa membuat Parket Lantai
Dari ban bekas kita bisa membuat Parket Lantai

Untuk skala industri, ban-ban bekas dikumpulkan kemudian digiling halus menjadi bubuk kemudian dicampur dengan plastik dan dibentuklah lantai. Namun siapa sangka kita bisa membuatnya sendiri lantai dengan bahan dari ban bekas yang dapat membuat lantai kita menjadi berkelas dan penuh gaya.

Dari ban bekas kita bisa membuat Dompet dan Tas.

Dari ban bekas kita bisa membuat Dompet dan Tas
Dari ban bekas kita bisa membuat Dompet dan Tas

Ban bekas juga dapat membuat penampilan kaum hawa menjadi lebih bergaya. Buat kalian "kaum" anti mainstream, ini sangat cocok buat kalian. Memang dibutuhkan ketrampilan untuk membuat barang ini, tapi bukan tidak mungkin untuk dibuat kan...???

Dari ban bekas kita bisa membuat Alas Kaki.

Dari ban bekas kita bisa membuat Alas Kaki

Dari ban bekas, kita bisa membuat alas kaki untuk kita pakai sendiri. Untuk alasnya kita bisa menggunakan ban luar sedangkat tali pengikatnya bisa menggunakan ban dalam. Ukur alasnya sesuai dengan telapak kaki kita lalu potong. Pasangkan tali dari ban dalam yang telah dipotong memanjang lalu lem dan jahit biar lebih kuat.



 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !