Mengapa ada jerawat di kulit kepala...?

Mengapa ada jerawat di kulit kepala...??
Jerawat di kulit wajah atau di punggung, sudah biasa. Tapi jika yang berjerawat
adalah kulit kepala? Apa penyebabnya...??


Beberapa bulan terakhir ini di kepala saya tumbuh jerawat yang besar-besar. Mengganggu sekali rasanya, karena ia gatal dan kalau pecah akan meninggalkan bekas seperti ketombe, dan kalau kena sisir jadinya sakit. Sebenarnya jerawat ini berbahaya tidak? Bagaimana cara mengatasinya?

Jerawat pada dasarnya tidak berbahaya, tetapi jika seperti yang disebutkan di atas, memang rasanya mengganggu sekali. Apalagi kalau sampai rasanya gatal.

Penyebab jerawat di kulit kepala biasanya adalah karena pori-pori kulit kepala yang tersumbat oleh minyak yang diproduksi kulit kepala. Produksi minyak yang berlebihan bertahan di kulit kepala dan menyumbat pori-pori. Semakin diperparah karena di antara pori-pori tersebut juga tumbuh rambut kita.

Penyebab lainnya adalah bisa juga karena kondisioner yang dipakai sampai terkena kulit kepala sehingga menyumbat pori-pori. Atau malah kandungan yang terdapat di dalam sampo, kondisioner, atau produk penataan rambut lainnya yang menyumbat pori-pori.

Hal yang bisa dilakukan adalah: pertama, ketahui apakah benar produk yang dipakai sekarang cocok untuk kulit kepala Anda? Coba hentikan produk yang Anda gunakan sekarang, mulai dari produk penataan rambut seperti mouse, hairspray, atau syling gel. Apabila masalah jerawat berhenti, maka Anda telah menemukan penyebabnya.

Kalau memang masih mengalami hal yang sama, coba untuk mengganti produk sampo dan kondisioner Anda.

Masih juga mengalami jerawat di kulit kepala? Nah, berarti perlu dicek apakah memang Anda memiliki kulit kepala yang berminyak. Jika benar demikian, carilah produk perawatan kulit kepala yang dikhususkan untuk kulit kepala berminyak. Mudah-mudahan, apabila memang kondisi kulit kepala Anda bersih selalu dan produksi minyak berlebihan bisa dihentikan, maka masalah jerawat akan berhenti dengan sendirinya.

Untuk mengatasi kulit kepala yang berminyak, pilihlah sampo dan kondisioner yang mengandung asam salisilat. Kandungan tersebut dipakai diberbagai produk kecantikan, terutama untuk mengatasi kulit berminyak dan juga masalah jerawat, karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati dengan lebih mudah.

Asam salisilat juga membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengusir bakteri-bakteri yang berada di dalam pori-pori. Sehingga, asam salisilat bisa membantu mencegah pori-pori kita tersumbat kembali karena minyak maupun bakteri, sekaligusn membantu pertumbuhan sel kulit baru.

Sebisa mungkin, setiap hari atau sedikitnya dua hari sekali mencuci rambut dan bersihkan kulit kepala dengan memijat-mijat ringan kepala, kemudian pastikan untuk membilas semuanya bersih. Hal tersebut akan membantu meminimalisir penyumbatan pada pori-pori kulit kepala yang menyebabkan jerawat.

Selamat mencoba.



 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plisss...
Jangan nyepam (spam), jangan promosi (apapun itu), jangan SARA, jangan OOT...

Mohon kerja samanya, berikan komentar yang berbobot dan bermanfaat bagi semua... ^^

Artikel Unggulan

Panduan Makan Sehat bagi Generasi Z: Tips Mudah untuk Menjaga Energi dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Energi saat Berlatih: Nutrisi Penting untuk Atlet Generasi Z Gaya hidup aktif dan olahraga merupakan hal yang sangat p...

Paling Populer dalam Sebulan