Masih Ada Utang, Sanggupkah Kredit Rumah?
Sehatkah bagi keuangan jika kita mengambil kredit rumah padahal masih punya
utang lain ke bank?


Aku bekerja di salah satu perusahaan asing dengan penghasilan kurang lebih $1500 per bulannya (setahun bekerja selama 8 bulan dan liburan 3 bulan). Dengan penghasilan ini, pengeluaran saya tiap bulannya kira-kira 7 jutaan untuk pembayaran kredit di bank karena saya masih memiliki kewajiban yang harus saya tuntaskan 3 tahun ke depan. Permasalahannya, dengan sisa gaji tersebut, saya ingin memiliki rumah sendiri, tetapi saya bingung harus dengan jalan KPR atau mengumpulkan modal bertahun-tahun dengan angka inflasi yang pastinya meningkat tiap tahun. Solusi apa yang harus ditempuh? Atau aku harus memakai sisa gaji itu untuk membangun usaha terlebih dahulu?

Angga, 25 tahun, Denpasar
Hai Angga,

Sebelum berbicara mengenai KPR, pengeluaran 7 juta untuk kredit bank tiap bulannya adalah sangat besar, hampir setengah dari pendapatan bulanan anda. Jadi, memang pilihan KPR tidak bisa menjadi pilihan saat ini. Setidaknya harus menunggu 3 tahun ke depan.

Sayang di sini anda tidak menjelaskan beberapa sisa pengeluaran anda di luar pengeluaran rutin. Untuk memiliki rumah sendiri, tidak bisa dipungkiri memang membutuhkan dana yang cukup besar, dan biasanaya KPR menjadi pilihan. Oleh karena itu, saya sarankan untuk menyiapkan DP rumah yang ingin dibeli, sisanya menggunakan KPR. Namun, tunggu sampai 3 tahun, ya, setelah kredit bank yang 7 juta per bulan itu selesai.

Dan ingat, total cicilan bulanan itu jangan lebih besar dari 30% dari penghasilan bulanan. Jadi misalnya punya cicilan kendaraan bermotor dan cicilan rumah, maka total cicilan bulanan harusnya tidak melebihi 4,5 juta per bulan.

Pilih usaha atau rumah? Saya kembalikan ke Anda, mana yang jadi skala prioritas, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

-Reliza Qodri / QM Planner-



 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !