Saat semester 1 kemarin aku mendapatkan tugas kelompok dari dosen Algoritma dan Pemrograman yaitu pak Taufik Hidayat. Seperti ini soalnya :


Tugas Pemrograman : TEBAK ANGKA
Algoritma dan Pemrograman I
Deadline : 20 Januari 2009 (12.00 WIB)

Deskripsi Tugas
Dalam tugas ini, setiap kelompok diharuskan membuat program yang berisi permainan Tebak Angka. Materi tugas tidak hanya dari materi kuliah Algoritma dan Pemrograman I tetapi juga dari materi Praktikum Algoritma dan Pemrograman I.

Perhatikan deskripsi program berikut:
Dalam permainan Tebak Angka setiap kali permainan dimulai, komputer akan membangkitkan bilangan bulat secara acak. Bilangan tersebut harus terdiri dari 4 digit (1000 s/d 9999), tetapi dari keempat digit tersebut tidak ada angka digit yang sama (misal : 2345, 9287, 2901, 9261, dll). Pengguna (user) selanjutnya akan diberi kesempatan untuk menebak sebanyak 10 kali.

Jika tebakan benar maka permainan selesai, dan pengguna akan ditanya apakah akan bermain lagi atau tidak. Jika ingin bermain lagi, permainan baru dimulai lagi. Jika tidak ingin bermain lagi, program selesai.
Jika tebakan salah maka komputer harus memberi tahu bahwa “tebakan salah” dan meminta pengguna untuk menebak lagi.

Selain itu, setiap kali tebakan salah, komputer juga harus memberi tahu cacah angka dan cacah posisi digit yang sudah tepat. Perhatikan contoh berikut:
Misalkan bilangan yang akan ditebak adalah 6753

  • Jika pengguna menebak 4357, maka komputer akan memberi tahu bahwa cacah angka yang tepat adalah 3, sedangkan cacah posisi yang sudah tepat adalah 1.
  • Jika pengguna menebak 6793, maka komputer akan memberi tahu bahwa cacah angka yang tepat adalah 3, sedangkan cacah posisi yang sudah tepat adalah 3.

Misalkan, dalam permainan yang lain, bilangan yang akan ditebak adalah 9812

  • Jika pengguna menebak 2365, maka komputer akan memberi tahu bahwa cacah angka yang tepat adalah 1, sedangkan cacah posisi yang sudah tepat adalah 0.
  • Jika pengguna menebak 3821, maka komputer akan memberi tahu bahwa cacah angka yang tepat adalah 3, sedangkan cacah posisi yang sudah tepat adalah 1.

Jika tebakan tetap salah walaupun sudah diberi 10 kesempatan, maka permainan selesai, dan pengguna juga akan ditanya apakah akan bermain lagi atau tidak.

Batasan

  • Program ditulis dalam bahasa C++
  • Compiler yang digunakan : bebas
  • Dikerjakan secara berkelompok, dengan jumlah anggota 2 atau 3. Anggota kelompok harus berada di kelas yang sama.

Berikut hasilnya sengaja aku share agar dapat lebih bermanfaat bagi temen temen semua.