Dulu aku pernah menulis tentang bagaimana Sembunyikan File Rahasia Dengan bmpWrap. Nah... yang ini juga mirip dengan bmpWrap yang menyembunyikan file atau data rahasia ke dalam gambar. Yang membedakan adalah cara memakainya saja. Memang agak rumit bila dibandingkan dengan bmpWrap tapi tetep aja gampang kok kalau menyimak cara yang akan saya jelaskan berikut ini, gak ada salahnya dicoba kan...?
Sedikit penjelasan, jadi software ini digunakan untuk menyembunyikan data kita yang sangat rahasia dari teman teman kita. Kita tidak perlu memberi password lah, tidak perlu di hidden lah... tapi kita akan merubah data tersebut menjadi gambar yang orang lain kalau melihat gambar itu pasti tidak tau kalau itu adalah data rahasia kita.

Yup, Program yang akan kita gunakan adalah "Hide & Reveal".
Cara menggunakannya :
1.   Kalian bisa download disini

      Download

2.   Extract file zip dan jalankan HideAndReveal.jar.


3.  Klik gambar dengan panah berwarna kuning di sebelah kiri atau bisa pilih File > Hide secret information.
4.  Akan muncul seperti ini :


Nah... pada Carrier isikan gambar yang akan digunakan untuk media penyimpanan. Disini aku menggunakan gambar dengan format png.


Pada Secret isikan data yang akan dirahasiakan. Sebagai contoh aku akan menggunakan Youtube downloader HD sebagai data yang akan dirahasiakan.


Nah... kalo Destination adalah tempat yang akan ditempati hasilnya jadi isikan aja sesuai nama filenya atau apalah dalam format gambar misal .jpg, .png dan sebagainya. Misal : disini aku mengisikan "hasilnya.png"

Setelah itu klik "Execute". Jika tulisan berikut muncul :


Berarti proses telah berhasil dan coba kita lihat hasilnya :


Wow !!! ukuran gambarnya jadi lebih besar yang tadinya cuma 9.01 MB sekarang setelah dimasuki data ukurannya menjadi 12.9 MB. dan kalau dibuka ya cuma gambar kalau dilihat, jadi orang lain gak bakal tau kalau sebenarnya itu adalah gambar yang didalamnya adalah data rahasia kita !!! jhahahaha... aman !

Nah kalau ingin membuka data yang sudah disembunyikan ke dalam gambar tadi bagaimana?

Sama seperti tadi cuma kalau tadi pilih menu dengan anak panah yang berwarna kuning nah sekarang yang berwarna biru atau "File > Reveal hidden information"
Lalu pada Carrier isikan gambar yang berisi file rahasia kita dan Secret isikan nama file rahasia kita dengan format seperti semula misal .exe .txt . doc dan sebagainya. kemudian Execute. Selesai dech....

"Selamat mencoba...!!!"

note: gambar yang akan digunakan untuk menyimpan adalah yang berformat .PNG dan harus lebih besar daripada data yang akan kita simpan di dalamnya.