Hari minggu begini selain digunakan untuk liburan bersama keluarga maupun teman teman, juga dapat untuk kita bersih bersih rumah. Nah, bicara soal bersih bersih, terutama bagi anda yang sibuk, pernah gak sih melihat isi lemari pendingin atau kulkas...???

        Kulkas bisa kita ibaratkan sebagai pasar pribadi kita. Di kulkas tersebut banyak tersimpan berbagai macam buah buahan, sayur sayuran, makanan yang yang masih mentah atau setengah matang maupun yang sudah matang. Bisa kita bayangkan bagaimana isi kulkas itu, penuh sesak apalagi kalau aktifitas pekerjaan kita yang padat selama seminggu penuh dan sangat jarang membersihkan isi kulkas, wah... bagaimana kabarnya isi kulkas kita itu ya...???


        Sedikit tips dalam menata isi kulkas, ternyata keawetan isi kulkas seperti buah buahan, sayuran dan sebagainya tergantung dari penataannya. Jika buah dan sayuran ditempatkan secara benar kemungkinan awet lebih lama/tidak cepat busuk.

        Nah, kalau kulkas kita berisi bermacam macam buah buahan seperti apel, mangga, anggur, jeruk dan sebagainya, khusus untuk apel nih, sebaiknya apel tadi ditempatkan secara terpisah dengan buah buahan yang lain karena apel ini dapat menghasilkan gas yang dapat merusak atau membuat buah buahan lainnya cepat busuk.

        Untuk sayuran, bila kita memiliki tomat dan mentimun sebaiknya dalam menyimpannya harus dipisah karena tomat juga dapat menghasilkan gas yang dapat membuat mentimun cepat busuk.
jika kita mempunyai lobak, simpanlah lobak tersebut dalam suatu wadah dengan sedikit air didalamnya agar lobak tersebut tetap segar saat akan digunakan.

        Nah, untuk telur, kita jangan asal menyimpan dalam kulkas saja tetapi ada hal hal yang perlu diperhatikan. Kalau kita ingin menyimpan telur dalam kulkas sebaiknya telur itu kita cuci terlebih dahulu agar kotoran yang dibawa tidak menyebar kemana mana. Taruhlah telur dengan ujung yang lancip/runcing berada di bawah agar telur itu dapat bertahan lama.

        Untuk mengatasi masalah bau yang tidak sedap, ada tips sederhana. Kita bisa menggunakan kentang untuk mengatasi masalah bau yang tak sedap pada kulkas. Caranya kita potong kentang tadi dan letakkan pada sudut dalam kulkas. Ganti kentang tadi setelah tiga hari.

        Untuk makanan yang memiliki aroma mencolok, lebih baik disimpan di dalam tempat makan tertutup, agar aroma nya tidak menyebar dan membekas di dalam lemari es. Dengan dimasukan ke dalam tempat makan, penataan juga bisa dilakukan lebih mudah, karena kita bisa menumpuk-numpuk makanan, tanpa merusak makanan itu sendiri.

.:: Semoga bermanfaat ::.



*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !