ACHMAD BAKRIE

Ahmad Bakrie
Ahmad Bakrie
(Pengusaha)

"Kami berbicara soal bisnis sepanjang waktu bersama keluarga."
Ahmad Bakrie adalah sosok pengusaha pribumi yang bisnisnya tak lekang dimakan zaman. Kesuksesan Grup Bakrie Brothers menepis mitos mandulnya pengusaha pribumi yang jarang berhasil karena jerih payahnya sendiri. Tokoh dibalik perusahaan papan atas ini adalah Achmad Bakrie. Kerja keras menjadi nama tengahnya.

Atuk - panggilan akrab Achmad - lahir di Kalianda, Lampung, pada 11 Juni 1916. Bakat entrepreneurnya sudah terlihat sejak masih kanak-kanak. Saat umumya masih 10 tahun, ia berjualan roti untuk mengisi waktu libur. Agaknya kondisi ini juga ia terapkan pada sang anak, Aburizal Bakrie, yang harus berdagang tas karena uang saku yang diberikan Atuk begitu sedikit. Setamat dari HIS (setingkat sekolah dasar dizaman Belanda), Atuk bekerja sebagai penjaja keliling pada NV Van Gorkom, sebuah perusahaan dagang Belanda (1938). Meski hanya selama dua tahun di perusahaan ini, ia banyak mendapat pengalaman tentang organisasi modern.

Setahun setelah Atuk menyelesaikan sekolah dagang Hendlesinstituut Schoevers, Tahun 1940, Atuk membuka CV Bakrie Brothers di Telukbetung. Perusahaan yang berdagang karet, lada, dan kopi. Dizaman pendudukan Jepang, perusahaannya sempat berganti nama menjadi Jasumi Shokai. Dalam perkembangannya, Bakrie Brothers juga merambah industri pabrik pipa baja dan pabrik kawat. Diparuh akhir dasawarsa 1950-an, Atuk mendirikan pabrik pengolahan karet mentah. Pengusaha otodidak ini meninggal dunia di Tokyo, 15 Februari 1988.

Aburizal Bakrie adalah anak sulung Atuk yang kemudian meneruskan bisnis Grup Bakrie. Ada satu kenangan manis yang dialami Aburizal saat ayahnya masih hidup. Ketika tahu Aburizal mengalami kerugian dalam usahanya, sang ayah malah berkata, "Saya senang kamu gagal. Kau harus tahu arti kegagalan, agar nanti berhasil."

Dibawah kepemimpinan Aburizal, Bakrie & Brothers kini menjadi perusahaan konglomerasi yang bidang usahanya merambah ke berbagai bidang, mulai perkebunan sampai telekomunikasi.




 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plisss...
Jangan nyepam (spam), jangan promosi (apapun itu), jangan SARA, jangan OOT...

Mohon kerja samanya, berikan komentar yang berbobot dan bermanfaat bagi semua... ^^

Artikel Unggulan

Panduan Makan Sehat bagi Generasi Z: Tips Mudah untuk Menjaga Energi dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Energi saat Berlatih: Nutrisi Penting untuk Atlet Generasi Z Gaya hidup aktif dan olahraga merupakan hal yang sangat p...

Paling Populer dalam Sebulan