Dulu, sewaktu SMA kelas 1 (kalau gak salah), sekolah pernah di datengin orang orang dari lembaga mana gitu (maklum dah lama jadi lupa) yang memperkenalkan tentang bagaimana cara agar ingatan kita jadi tajam hanya dengan menghafalkan puluhan kata dalam beberapa detik saja.

Singkat cerita, mereka datang untuk mempromosikan (kalau gak salah mereka membuka tempat pelatihan) dan mencari siswa baru yang tertarik untuk mengikuti pelatihan di tempat mereka. Pada saat itu mereka melakukan demo dengan cara menyebutkan kartu kartu remi yang sekian banyaknya. Tanpa melihat kartu ternyata mereka bisa menyebutkannya dengan benar, weh... weh... weh...

Selanjutnya giliran seluruh siswa diminta menyebutkan kalau tidak salah 10 kata benda lalu ditulis di papan tulis kemudian kami (siswa) diberikan waktu beberapa detik untuk menghafalkannya. Aku pikir "ah, yang bener aja... gak mungkin bisa secepat itu" dan ternyata gak ada yang bisa.

Ternyata untuk menghafalkan sekian banyak kata dalam beberapa detik saja ada tekniknya sendiri.
Mau tau tehniknya bagaimana...???
Kebetulan aku nemu artikelnya di kaskus.us.

Otak manusia terdiri dari 1 triliun sel otak dengan kapasitas yang luar biasa. Seringkali ketika kita menghafal, kita sering mengeluh kita tidak sanggup dengan alasan otak kita sudah penuh. Padahal itu semua SALAH.
Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Saya akan memberikan sebuah tes..
Coba teman teman hafalkan kata kata dibawah ini dalam waktu 20 detik..

Spoiler for hafalkan dalam 20 detik:
  • Kucing
  • Sepeda
  • Buaya
  • Anjing
  • Bioskop
  • Televisi
  • Kasur
  • AC
  • Mobil
  • Api
  • Ayam
  • Sendok

Apa teman teman bisa?

Sepintas pasti terlihat sangat sulit. Seandainya kita bisa melakukannya, kemampuan mengingatnya sangat terbatas. Kita tidak mampu mengingatnya dalam jangka waktu yang panjang. Itu semua karena kita hanya menggunakan SHORT TERM MEMORY.

Disini saya akan share pada teman teman semua bagaimana cara menghafalkan kata kata tersebut dalam waktu singkat, dan akan terus bertahan (menggunakan LONG TERM MEMORY).




Kemampuan otak kiri adalah berpikir secara analitik, logis, tepat, repetitif, terkumpul, mendetail, ilmiah, terikat, literal, berurutan. Sementara otak kanan berpikir secara kreatif, imajinatif, umum, intuitif, konseptual, gambaran besar, heuristik, empatetik, figuratif, tidak menentu.

Intinya otak kanan menekankan tentang kreatifitas, imajinasi, dsb. Berbeda dengan otak kiri yang menekankan pada analisa, berfikir, matematika dsb.

Dalam belajar sering kali kita terlalu menggunakan otak kiri, padahal yang diperlukan adalah keseimbangan antara keduanya. Untuk itu daya imajinasi, kreatifitas yang ada pada otak kanan harus juga dimanfaatkan..



Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Baik ini adalah tips untuk menghafalkan deretan kata kata tadi dalam waktu singkat dan dengan daya ingat dalam jangka waktu yang lama.. silahkan buka

Spoiler for tips 1:
Sekarang coba teman teman imajinasikan dan benar benar dibayangkan :

Kucing naik
Sepeda, ketemu
Buaya, buaya jatuh cinta sama
Anjing, mereka ke
Bioskop, di bioskop nonton
Televisi, di TV ada iklan
Kasur, kasur letaknya dibawah
AC, ACnya di dalam
Mobil, mobilnya tahan
Api, apinya buat bakar
Ayam, ayam makannya pake
Sendok


Bisa juga dengan menggunakan bantuan tubuh kita.
Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Spoiler for tips 2:
Sekarang coba teman teman imajinasikan dan benar benar dibayangkan dan rasakan, kita mulai dari atas :

Wah, rambutku kok ada bulu Kucing ya ?
Dua mataku bulet seperti roda Sepeda,
Enak aja bilang mulutku seperti mulut Buaya ?
Duh, leherku sakit seperti digigit Anjing ,
Dadaku lebar seperti layar Bioskop,
Di bawah dadaku ada gambar Televisi loh...
Wah, perutku empuk seperti Kasur,
Pantatku dingin karena duduk di atas AC,
Di pahaku ada tato Mobil loh...
Duh, betisku panas kena Api,
Wah, kakiku kok seperti kaki Ayam sih...???
Jempol kaki malah mirip Sendok makan... :(

itu hanya sekedar perumpamaan.


Jadi intinya kita hanyalah perlu mengimbanginya dengan imajinasi.
Sekarang coba teman teman ulangi lagi. Kemampuan mengingat kata kata tersebut akan lebih cepat dalam tersimpan dalam LONG TERM MEMORY.

Sedikit tes sederhana buat otak kita, coba lihat gambar berikut untuk mengetahui lebih dominan mana otak kanan atau otak kiri

Spoiler for gambarnya:


Menurut teman teman.. cewek ini berputar searah atau berlawanan jarum jam atau pindah pindah (searah, berlawanan, searah, berlawanan)?


Jika kita melihat si mbak tadi berputar SEARAH jarum jam, berarti kita telah berpikir dengan OTAK KANAN. Namun sebaliknya jika kita melihat bahwa mbak tadi berputar BERLAWANAN ARAH jarum jam, berarti kita telah berpikir dengan OTAK KIRI.
Akan tetapi jika kita melihatnya berpindah pindah, berarti kita memiliki 2 faktor yaitu berpikir dengan otak kiri dan kanan secara bergantian.
Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Sekarang tes sekali lagi,

Spoiler for gambarnya:


Coba perhatikan tulisan-tulisan di gambar yang menyatakan warna : kuning, Orange, biru, hitam, hijau, merah, dan seterusnya,
kemudian sebutkanlah warnanya bukan menyebutkan tulisannya.

Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Otak kanan kita berusaha untuk menyebutkan warnanya,
tetapi otak kiri kita tetap membaca tulisannya!
Coba saja praktekkan, pasti teman teman akan terganggu oleh konflik antara otak kiri dan otak kanan.

Ada pepatah orang inggris yang mengatakan "Used it or you will lose it", maksudnya kalau tidak sering digunakan, dilatih, apalagi tak dipakai sama sekali maka kemampuan otak akan terus melemah, bahkan bisa saja hilang. Berikut ini beberapa kiat untuk menjaga agar otak tetap bekerja dengan baik.

Biasanya ditandai dengan Sering lupa, susah konsentrasi, cepat lelah emosi gak stabil dan sering bengong.

  1. Rajinlah membaca. Sempatkanlah membaca surat kabar, majalah atau buku setiap hari.

  2. Pelajari hal-hal baru. Misalnya belajar komputer, bermain alat musik tertentu, atau mempelajari bahasa asing tertentu, atau lakukan sesuatu yang sesuai dengan bakat anda.

  3. Kunjungilah tempat atau daerah yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya.
    Jangan segan-segan mengisi teka-teki silang, atau menjawab pertanyaan dari berbagai kuis yang anda temui baik yang ada di televisi, majalah atau surat kabar.

  4. Usahakan memberi tanda pada kalender, terutama untuk tanggal–tanggal yang anda anggap penting.

  5. Buatlah catatan pengingat, apapun yang hendak anda ingatkan pada diri anda.

  6. Membuat daftar (harian, bulanan) yang harus anda kerjakan.

  7. Untuk mengingat nama orang, perhatikan ciri khas orang tersebut, agar informasi yang tersimpan dalam memori tidak terlalu banyak, sehingga gampang muncul kembali saat anda dibutuhkan.

  8. Untuk mengingat nomer telepon dan nomor mobil, buatlah lagu sederhana dari nomer-nomer tersebut.

  9. Simpan selalu barang-barang anda ada tempat yang sudah ditentukan

  10. Konsumsilah makanan bergisi dan vitamin, terutama vitamin B12

  11. Cobalah berkonsentrasi pada apa yang baru anda baca, dengar, rasakan atau yang anda lihat.

Selain cara cara tersebut, tentunya ada kita kiat lainnya yaitu dengan Asupan Gizi.
Berikut Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak Melalui Asupan Gizi.

Untuk meningkatkan kinerja otak, dr. Daniel G. Amen, menulis buku Making a Good Brain Great Here, memberikan tujuh tips berikut:

  1. Tingkatkan asupan air
    Ingat, otak kita tersusun atas 80% air. Dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan produksi hormon stres yang dapat merusak otak kita.
    Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
  2. Batasi asupan kalori
    Penelitian pada hewan dan manusia mengindikasikan bahwa diet dengan kalori terbatas baik bagi otak dan memperpanjang usia.

  3. Konsumsilah asam lemak omega-3
    Ikan, minyak ikan, dan DHA, merupakan salah satu bentuk asam lemak omega3.

  4. Konsumsilah sumber antioksidan
    Vitamin E dan C merupakan sumber antioksidan.

  5. Konsumsi protein, lemak baik, dan karbohidrat dalam porsi seimbang
    Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
  6. Masukkan 24 bahan pangan sehat dalam diet harian Anda
    Bahan-bahan pangan tersebut meliputi: sumber protein (ikan: salmon, tuna, makerel, hering; unggas: kalkun tanpa kulit; daging merah: sapi dan babi(yg boleh makan ajah); telur; tahu dan produk olahan kedelai; susu dan produksi olahannya; bebijian; garbanzo beans dan lentil; kekacangan), karbohidrat kompleks (bery-beryan; blueberry; raspberry; stroberi; blackberry; jeruk; cherry; buah persik; brokoli; gandum; lada merah dan kuning; labu; bayam; tomat; ubi jalar), lemak (alpukat; minyak zaitun; buah zaitun), serta cairan (air, teh hijau atau hitam).

  7. Konsumsi camilan rendah kalori

Selesai sudah...
oh ya...
mengenai masnya yang bisa menebak semua kartu remi dengan benar tanpa melihat kartunya ternyata masnya bilang gini :
Saya bisa menebak kartu ini karena muka kalian.
Bentuk muka kalian saya gambarkan sebagai kartu, Lalu saya urutkan dari depan, oh mbaknya ini mukanya seperti 2 keriting... Masnya seperti 5 sekop...
Jhahaha...
Masa' muka kok dibilang sekop...

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5303074



"Semoga Bermanfaat"


*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*





Visit Wahyudi Blog !