Monday, September 20, 2010

Jakarta, Harta Karun mu Menumpuk Dimana mana !!!


Tahukah kalian gambar apakah ini...???

Pasti kalian menjawab 'Seseorang dengan sampah plastik disekelilingnya'.

Tahukah kalian apa yang berserakan sana...???



Sampah plastik yang berserakan dimana mana.

Dan tahukah kalian apa yang menumpuk di gambar ini...???

Tumpukan sampah plastik tentunya.

Lantas apa yang ada dalam pikiran kalian setelah melihat gambar tadi...??? Mungkin akan seperti ini :
  • Kotor...
  • Jorok...
  • Gak ada gunanya...
  • Gak berharga, kalaupun ada nilai ekonomisnya kecil...
  • Sumber penyakit...
  • Penyebab pemanasan global dan bencana lainnya...
Pasti seperti itulah yang terpikirkan setelah kita melihat gambar tadi.
Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Memang masalah yang satu ini susah sekali untuk menuntaskannya. Berbagai cara telah dilakukan pemerintah mulai dari peraturan untuk membuang sampah pada tempatnya dan jika dilanggar maka akan di denda, pemisahan sampah kering dan basah untuk di daur ulang kembali hingga pemanfaatan sampah plastik tersebut untuk dijadikan sebagai aneka aksesoris aksesoris oleh kelompok kelompok masyarakat yang peduli akan lingkungan.

Dimana mana sampah plastik, di perkantoran banyak sampah plastik, dipertokoan, banyak sampah plastik, apalagi di pasar, jalanan, selokan bahkan sungai pun banyak sampah plastik.


Sampah sampah plastik ini banyak ditemukan terutama di kota kota besar karena kota kota besarlah penyumbang utama terbesar sampah sampah jenis ini. Kita pergi ke Mall atau pasar pasti pulangnya membawa plastik, kita jajan ke warung pasti pulangnya membawa plastik (Kalau gak dibawa pulang pasti kita sudah membuangnya sebelum sampai rumah ).

Inilah yang membuat sampah plastik menjadi semakin banyak, padahal sampah plastik baru dapat terurai atau hancur dalam waktu lebih dari 100 tahun lamanya. Pemerintah sebenarnya telah menganjurkan untuk menggunakan plastik yang ramah lingkungan karena bahan plastik tersebut dapat hancur dalam waktu 3 tahun lamanya. Namun sepertinya hal ini tidak berjalan dengan semestinya karena kurangnya perhatian dari pemerintah sendiri dan kesadaran dari masyarakat yang kurang karena ketidak tahuannya.

OK, kita kembali lagi ke topik...

Saat kita melihat sampah plastik dimana mana pasti kita ogah untuk mendekatinya pasti karena alasan kotor, bau dan sebagainya...
Saat ada orang yang akan membuang sampah pasti alasannya seperti :
Ini sampah, sudah tidak berguna lagi lagian kalau disimpan buat apa? bikin kotor rumah yang ada (sambil melempar sampah itu di pembuangan sampah).
Tapi kini kubilang, "Jangan, itu bukan sampah tapi itu harta karun...!!!"

Ya, aku bilang itu harta karun...!!!

Kenapa bisa begitu...???
Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Jawabnya adalah :
Di Jepang sana ada sebuah perusahaan namanya "Blest" yang mengembangkan suatu alat dimana alat tersebut dapat mengkonversi sampah plastik menjadi minyak kembali.
Hah...???
masa' sih...???
Ngaco aja nih...
eit...
tunggu dulu, alat ini benar benar ada dan dapat digunakan untuk mengubah sampah plastik menjadi minyak dan minyak tersebut dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga.
Gak percaya...???
mari kita lihat videonya...



Sudah jelas kan setelah melihat video tadi...?
Bayangkan aja kalo alat tersebut dapat kita gunakan setiap hari pastinya akan menghemat pengeuaran kita bahkan ada nilai tambah tersendiri.

Dari video tadi sekarang coba kita lihat bagaimana sampah yang memenuhi kota Jakarta dan Kota kota besar lainnya, apakah kita masih menganggap itu sampah atau malah kita menganggapnya sebagai harta karun yang melimpah...???
Mengingat cadangan minyak yang semakin menipis dan berkurangnya pasokan minyak dari timur tengah apakah kita masih akan tetap mengabaikannya begitu saja...???
Aku rasa tidak, yang pasti suatu saat nanti sampah sampah plastik ini akan menjadi sangat berguna bagi kita.
Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Mungkin alat ini nantinya akan menjadi pengganti tempat sampah dirumah sehingga dengan demikian rumah adalah ladang minyak bagi kita...
Jadi kita gak perlu lagi kawatir kalau harga BBM akan naik, naik dan terus naik karena kita telah dapat membuatnya sendiri.
Kita mau minyak tanah untuk menyalakan kompor, kita tinggal ambil plastik untuk dibuat menjadi minyak, kita butuh bensin sama juga kita tinggal ambil plastik dan jadilah...
Karena alat tersebut bisa menghasilkan miyak tanah, bensin dan solar...

Bayangkan saja apa yang akan terjadi bila semua orang telah menggunakan alat tersebut :
  • Masalah akan sampah berkurang drastis.
  • Udara jadi bersih.
  • Penyakit yang bersumber dari sampah berkurang.
  • Kita tidak perlu lagi susah susah untuk mendapatkan minyak, ya to...

Disisi lain, mesin tersebut dapat menghasilkan 1 liter minyak hanya dengan 1 kilo plastik. Nah, sekarang menurut Harian Sinar Harapan :
Ada sekitar 3.700.000 ton per tahun bahan plastik diproduksi di Indonesia sebagai bahan campuran produk otomotif, perabotan rumah tangga, komponen elektronik dan banyak lagi. Jumlah sampah yang berasal dari produk kemasan plastik saja mencapai 1.600.000 ton per tahun atau 4.400 ton per hari (SH/12/9/2001)
4.400 ton perhari...???
Bayangkan aja, dengan alat tadi saja 1 Kg plastik bisa diubah menjadi 1 liter minyak nah, bagaimana dengan 4.400 ton sampah plastik perhari...???
4.400 ton plastik perhari = 4.400 ton minyak perhari
Itupun data tahun 2001, nah kalau 2010...? yang pasti lebih buanyak lagi...
Gak kebayang, kebutuhan minyak dalam negeri akan tercukupi dan harganya pun akan menjadi murah (kalau pemerintah menerapkan sistem ini dalam jumlah besar).
Jadi, dengan demikian tak lama lagi tumpukan sampah di Jakarta dan kota kota lainnya tak lagi dipandang sebagai tumpukan sampah semata namun akan terlihat sebagai tumpukan harta karun yang sangat buanyak...
Baca selengkapnya di http://viruspintar.blogspot.com
Gimana, keren bukan...???
Untuk info lebih lengkap bisa baca disini http://ourworld.unu.edu/en/plastic-to-oil-fantastic/



*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*





Visit Wahyudi Blog !