Waspadalah, Akan Ada 6 Badai Besar Matahari Lagi. Inilah dampaknya !!!


Diprediksi, Bakal Ada 6 Badai Besar Matahari
Peringatan ini sendiri muncul dari badai matahari yang terjadi
Kamis lalu.
Penduduk Bumi belum bisa sepenuhnya bernapas lega setelah badai matahari pada 8 Maret lalu. Menurut pakar antariksa, ada lima atau enam badai besar lagi yang akan datang dalam 18 bulan mendatang.

Seperti diberitakan Telegraph, ilmuwan antariksa Maggie Aderin-Pocock menilai dalam insiden alam ini matahari memancarkan sejumlah besar material. "Lima atau enam yang besar dan beberapa yang kecil," kata Aderin-Pocock. Tapi, imbuhnya, jilatan badai matahari ini tidak selalu mengarah ke Bumi.


Peringatan ini sendiri muncul dari badai matahari yang terjadi Kamis lalu. Para ahli berspekulasi akan ada pemadaman listrik, gangguan GPS, dan gangguan besar pada industri penerbangan seiring lontaran partikel dari Matahari sampai ke Bumi dengan kecepatan 4 juta mil per jam.

Sejauh ini, badai Matahari tidak memberi gangguan berarti pada teknologi di Bumi, apalagi sampai mengancam keberadaan manusia. "Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan. Tapi, badai ini baru permulaan," kata Aderin-Pocock.

Meski badai Matahari yang lalu tidak terlalu berdampak luas, dia mengingatkan kemungkinan ada badai yang lebih besar di kemudian hari. Saat memancarkan partikel bermuatan tersebut, matahari juga menciptakan medan magnetik. Dan badai ini bisa bergerak ke arah mana pun. Jika langsung menuju Bumi, penduduk bisa menyaksikan Cahaya Utara atau aurora.

Satelit menjadi salah satu piranti yang paling rentan terkena dampak badai matahari ini. "Puncak badai ini akhir 2013. Kita akan melewati cuaca antariksa yang berat ke depan tapi setelah itu akan mereda."


Sementara itu, peneliti antariksa dari Imperial College London, Jonathan Eastwood, menjelaskan saat ini medan magnetik Bumi sedang mencoba membelokkan material Matahari di sekitarnya. Dan, peneliti di Inggris dan seluruh dunia sedang mengamati apakah medan magnetik ini bisa bertahan.

Craig Underwood dari University of Surrey menilai badai ini memang paling besar dalam beberapa tahun terakhir tapi bukan yang paling parah. Dia juga menegaskan peristiwa alam ini menjadi peringatan pada manusia. "Bagaimana kehidupan modern kita sangat tergantung pada teknologi antariksa dan jaringan listrik nasional.

Dampak badai matahari bagi manusia.

Seperti yang telah diberikan, badai matahari kali ini 2012-2013 adalah yang terbesar dalam kurun waktu 6 tahun terakhir. Badai ini mempercepat pengiriman partikel bermuatan panas hingga 600 mil per detik. Menurut fisikawan surya dari Nasa, Alex Young, badai matahari ini memberi manusia sedikit sentakan. Meski begitu, bumi harus bersiap untuk puncak aktivitas matahari ini, akhir 2013 hingga 2014 namun hal itu takkan berpengaruh pada manusia karena bumi memiliki lapisan pelindung kasat mata yang bisa menahan dampak badai matahari. Meski begitu manusia tetap harus waspada mengingat badai matahari ini masih berlangsung dan mencapai puncaknya akhir 2013 hingga 2014.

Lidah api yang disebut 'X class' merupakan lidah paling kuat membombardir bumi dengan medan magnetik. Sempat muncul kabar bahwa badai matahari kali ini akan menimbulkan dampak yang serius seperti bencana alam besar besaran, kerusakan pada kulit manusia apabila terkena sinar matahari secara langsung saat badai matahari ini berlangsung.

Perlu diluruskan bahwa dampak badai matahari yang terjadi di tahun 2012-2013 ini tidaklah seperti yang dikabarkan tersebut (tidak benar). Dampak badai matahari bukanlah ancaman yang serius bagi umat manusia seperti yang digambarkan dalam film 2012. Dampak badai matahari tidaklah terjadi secara langsung namun dalam jangka  waktu yang panjang begitu juga dengan penurunan dampak badai matahari yang bertahap.

Namun yang akan terjadi akibat adanya badai matahari ini adalah gangguan jaringan listrik, navigasi satelit, dan rute pesawat. Namun, sejauh ini tidak ada insiden besar yang terjadi. Untuk di Indonesia sendiri dampaknya adalah karenah badai matahari mengakibatkan meningkatnya energi pancaran matahari yang diterima bumi. Hal itu mungkin bisa menjelaskan cuaca panas yang kemudian berlanjut angin besar disertai hujan lebat yang terjadi akhir-akhir ini.

Intinya, Badai Matahari adalah aktifitas wajar dan jangan terlalu khawatir akan Dampak Badai Matahari bagi manusia

Sumber :
• http://teknologi.vivanews.com/news/read/295102-pakar--ada-5-atau-6-badai-besar-dari-matahari
• http://teknologi.vivanews.com/news/read/294733-dahsyatnya-badai-matahari
• http://dianribut.blogspot.com/2012/01/dampak-badai-matahari-bagi-manusia-yang.html




 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !


1 komentar:

Plisss...
Jangan nyepam (spam), jangan promosi (apapun itu), jangan SARA, jangan OOT...

Mohon kerja samanya, berikan komentar yang berbobot dan bermanfaat bagi semua... ^^

Artikel Unggulan

Panduan Makan Sehat bagi Generasi Z: Tips Mudah untuk Menjaga Energi dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Energi saat Berlatih: Nutrisi Penting untuk Atlet Generasi Z Gaya hidup aktif dan olahraga merupakan hal yang sangat p...

Paling Populer dalam Sebulan