Cara mengatasi komputer hang

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana tiba-tiba komputer kamu "hang", gak ada respon dan kita hanya bisa menggerak gerakkan mouse aja tanpa bisa menjalankan aplikasi yang lain ?

Bahkan nih.... kadang jurus pamungkas kita “Task Manager” ( Ctrl+Alt+Del ) pun gak berdaya menghadapi saat saat seperti ini. Sehingga mungkin, ujung-ujungnya yang kita hanya menekan tombol pamungkas "Reset".

Meskipun tombol pamungkas "reset" bisa mengatasi masalah ini, tetapi gak jarang bisa beresiko kehilangan data, ada file yang rusak dan sebagainya

Nah alternatif lain, kita bisa mencoba menggunakan software gratis AntiFreeze. AntiFreeze mungkin bisa memberikan alternatif terakhir untuk mengatasi kejadian kejadian seperti tadi. Kejadian kejadian seperti itu bisa disebabkan oleh penggunaan CPU yang berlebihan (hampir 100%) atau penggunaan Memory yang mungkin terlalu besar, sehingga kita sama sekali tidak bisa membuka, berpindah atau menutup aplikasi apapun.

Nah... setelah software ini di install, maka untuk mengaktifkannya, kita tinggal menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+Win+Home ( Memang kombinasi yang cukup banyak, sampai 4 tombol ). Setelah itu AntiFreeze akan tampil fullscreen (satu layar penuh) dan hampir semua aplikasi lainnya akan di hentikan sementara (sleep) ya, sekedar untuk menurunkan penggunaan CPU/Memory :) .
Ketika AntiFreeze udah tampil, kita tinggal mematikan process (End Process) aplikasi yang menggunakan CPU terlalu besar ( dapat dilihat di kolom CPU Time) atau yang menggunakan memory yang terlalu berlebihan (Mem Usage). Karena tampilannya menunya mirip Task Manager, seharusnya kita nggak akan kesulitan menggunakan software ini.

Saat saat dimana AntiFreeze bisa digunakan :
  1. Ada satu atau lebih aplikasi yang berjalan sangat intensif, menggunakan hampir seluruh proses CPU, sehingga sistem tidak responsif.
  2. Ada satu atau lebih aplikasi yang menggunakan Memory sangat besar (berlebihan) termasuk swaping file, sehingga membebani sistem.
  3. Ada Aplikasi yang dijalankan dengan prioritas sangat tinggi, sehingga menggunakan semua proses CPU (processor) Banyak program yang berjalan bersama-sama dan masing-masing ingin mendapatkan "perhatian/jatah" dari Processor.
Meskipun Demikian, terkadang AntiFreeze tidak berhasil atau tidak berjalan untuk kondisi-kondisi tertentu. Misalnya Komputer hang karena masalah hardware, seperti Memory(RAM) yang rusak, bad sector pada Hardisk dan sejenisnya (dan biasanya ditandai dengan Mouse Cursor yang tidak aktif /tidak bisa digerakkan). Selain itu AntiFreeze juga mungkin tidak akan berhasil jika Aplikasi mempunyai prioritas yang lebih tinggi dari AntiFreeze.

Download AntiFreeze (814 KB), Informasi selengkapnya tentang AntiFReeze disini
http://www.resplendence.com/antifreeze

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Plisss...
Jangan nyepam (spam), jangan promosi (apapun itu), jangan SARA, jangan OOT...

Mohon kerja samanya, berikan komentar yang berbobot dan bermanfaat bagi semua... ^^

Artikel Unggulan

Panduan Makan Sehat bagi Generasi Z: Tips Mudah untuk Menjaga Energi dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Energi saat Berlatih: Nutrisi Penting untuk Atlet Generasi Z Gaya hidup aktif dan olahraga merupakan hal yang sangat p...

Paling Populer dalam Sebulan