Apakah kamu pengguna Windows Vista.....?
Kalau ya, mungkin sebagian besar dari kalian telah menyadari adanya folder WinSxS dan juga pasti terkejut melihat ukurannya....!
Untuk yang belum tau, folder itu ada di C:\Windows\Winsxs setelah ketemu coba lihat berapa ukurannya.....?
"Wow sangat besar ya....!!!" Biasanya folder itu ukurannya hingga 5 GB bahkan lebih dan juga folder itu berisi sekitar 6000 folder & 25000 file dan menempati hampir 40% dari folder Windows! Meskipun ukuran folder Winsxs ini, di XP sekitar 25-50 MB.
Wah, ukuran yang besar di windows Vista, sangat banyak banyak....! Coba lihat gambar di bawah ini....



Jadi apa yang membuat Winsxs di Vista begitu misterius...?
Lalu apa tujuannya kok banyak folder & sub folder...?
Terus apasih isinya...?
Bisakah kita menghapus direktori ini?
Bisakah kita memindahkannya ke tempat yang lain...?
Atau dapatkah ukurannya dikurangi untuk menghemat ruang...?





Folder Winsxs, menyimpan beberapa salinan .dll dalam rangka membiarkan beberapa aplikasi yang berjalan pada Windows tanpa mengalami masalah kompatibilitas. Jika Kalian melihat di dalamnya, Kalian akan melihat banyak sekali duplikasi DLL, dan masing-masing memiliki nama yang sama. "Kenapa begitu ya....?"
Sebenanya Ini adalah berbagai versi yang sama dari file yang sedang disimpan; sebagai program yang berbeda mungkin memerlukan versi yang berbeda. Singkatnya, Winsxs berarti 'Windows Side By Side', adalah Vista asli dari assembly cache. Jadi gini nih... ini seperti perpustakaan, Perpustakaan bagi beberapa aplikasi yang sedang tersimpan di sana. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada Windows ME dan dianggap Microsoft sebagai solusi masalah pada Windows 9x yang biasa disebut "dll hell".

Dalam Winsxs, folder "backup" adalah folder dengan ukuran terbesar. Coba lihat pada gambar di bawah ini....



Sekali lagi, dapat dilihat pada gambar di bawah ini, dalam folder Winsxs, file "Other" telah mengambil ruang di hardisk secara massal. Terutama file-file yang terdiri atas .Imd,.Ngr,.CSD,.Dll,.Dll.mui,.Exe dan file lainnya yang sejenis.



Dalam Vista, tidak ada folder "dllcache" dan juga kalian tidak akan menemukan folder "i386", di mana sistem cache (seperti di XP) adalah sumber dari semua modul. Folder WinSxS ini adalah folder yang menyimpan komponen bersama dari side-by-side applications. File-file ini dapat dilihat dari beberapa versi yang sama atau kumpulan aplikasi. Setiap sisi-sisi oleh assembly memiliki identitas unik. Salah satu atribut dari identitas assembly adalah versinya. "Side-by-side assemblies digunakan oleh sistem operasi sebagai dasar naming, binding, versioning, deployment, dan configuration. Folder Winsxs mencakup semua manifests, optional components dan 3rd party file Win32".

Tetapi, mengapa begitu banyak subfolder, dan mengapa begitu banyak menyimpan berbagai versi .dll yang sama, exe atau file lainnya...?

Seperti yang telah disebutkan, Windows menyimpan dll lama dan library components di folder WinSxS. Sekarang, jika versi file ini merupakan bagian dari OS, tapi aplikasi tertentu memerlukan versi tertentu untuk menjalankan, maka versi yang lebih lama akan digunakan dari folder winsxs, sehingga versi yang lebih baru akan hadir di tempat lain aplikasi yang mungkin memerlukannya.

Jadi jelas sekali kalian tidak dapat menghapus direktori ini atau memindahkannya ke tempat lain. Dan juga tidak dianjurkan untuk menghapus apapun di folder ini, sebagai suatu langkah mungkin bisa membuat aplikasi kalian tidak bekerja atau bahkan merusak sistem kalian! Dan jika kalian ingin memiliki banyak aplikasi yang terinstal, bersiap siaplah kalian untuk mempunyai hardisk dengan space yang besar yang akan digunakan untuk folder winsxs.
Nah, Jika kalian menghapus komponen dari folder WinSxS seperti manifets atau secara perlahan, .dll Anda dapat bermasalah. Setiap sistem akan bereaksi dengan cara yang berbeda. Apa mungkin kalau kita menghapus satu bisa merusak yang lain? Sebagai contoh, jika kalian menginstal sebuah program yang membutuhkan salah satu file di folder Winsxs, Lalu kemungkinannya file tersebut telah dihapus, maka program tersebut tidak akan berjalan! dan Compressing folder yang tidak-tidak disebabkan karena timbulnya masalah selama WindowsUpdates atau saat menginstal Hotfix.

Cara yang aman untuk membersihkan folder itu, adalah hanya dengan meng-uninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Namun, ini juga tidak terlalu membantu, karena banyak aplikasi masih meninggalkan file mereka di folder ini, karena mereka mungkin akan dibagi dengan aplikasi lain. Jadi, kemungkinannya file .dll yang tak digunakan akan tertinggal cukup banyak.

Dan jika kalian akan mencoba software baru atau sering menginstal dan menguninstall, Kalian akan melihat winsxs kalian dengan ukuran yang besar, karena Vista akan menyimpan beberapa salinan file .dll untuk digunakan oleh beberapa aplikasi agar berjalan tanpa masalah kompatibilitas.

Thanks to WinVistaClub