Flashdisk adalah media penyimpanan data yang sangat penting bagi kita. Saking pentingnya, tidak semua orang boleh pinjam flashdisk kita atau kita gak mau sembarang colokin flashdisk di komputer orang atau laptop orang karena takut terinfeksi virus.... ya kan...?

Bayangkan aja kalau flashdisk kita yang berisi data data penting seperti bahan bahan skripsi, program program penting, atau data data penting lainnya terinfeksi virus dan tidak bisa dibuka....???
Wah pasti kacaukan....?

Nah.... Kali ini aku akan membahas masalah untuk memproteksi USB flashdisk dari ancaman Virus yang menjengkelkan tersebut. Memang, jika komputer sudah terinstall anti virus kita bisa sedikit lega tapi itupun tidak bisa menjamin keamanan data data kita yang ada di dalam flashdisk.... apalagi kalau kita memakainya di komputer teman atau bahkan di warnet yang kata orang orang warnet itu adalah tempat ternak virus.
ihh... ngeri....

Tapi dengan sedikit trik, kekhawatiran kita bisa teratasi. Salah satu cara melindungi flashdisk dari virus adalah dengan membuat file dummy di dalamnya. Apa sih file dummy itu dan bagaimana cara membuatnya....?

File dummy yang dimaksud disini adalah file buatan, file tiruan yang isinya bisa apa aja atau bahkan kosong. Tapi yang penting ukurannya sesuai dengan ukuran memory/space yang tersisa di flashdisk kita. Dengan begitu, flashdisk akan penuh berisi data dan tidak ada lagi space kosong didalamnya.

Nah... dengan penuh-nya flashdisk (maksudnya tidak ada free space lagi), maka otomatis flashdisk tidak akan bisa ditambah atau ditulisi data lagi, termasuk memodifikasi file yang ada didalamnya juga tidak akan bisa (seakan-akan ada fitur write-protected). Sehingga cara ini bisa menjadi alternatif baru untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan si-virus menginfeksi/menulari data dan menduplikasi dirinya ke dalam flashdisk.
Nah... jika kita ingin menggunakan untuk menyimpan file/data, maka kita tinggal menghapus file dummy ini.

Membuat file dummy dengan Command Prompt
Sebelumnya, kita harus mengetahui sisa space flashdisk kita dengan cara klik kanan drive (flashdisk) dan pilih Properties. Nah, di situ akan terlihat ukuran space yang masih tersedia dalam bytes (Free Space).



Selanjutnya buka Command Prompt (All Programs > Accessories > Command Prompt)
Lalu ketikkan perintah seperti berikut

fsutil file createnew "K:\file-dummy.dat" 1841823744




Dimana "K:\...." adalah drive dimana flashdisk berada, "file-dummy.dat" adalah nama file dan "1841823744" adalah free space flaskdisk dan juga merupakan file.
Setelah itu tekan Enter, maka akan muncul informasi file dummy telah dibuat.

Jika berhasil, cek free space flashdisk kamu, akan ada file dengan ukuran yang telah dimasukkan dan proses ini relatif sangat cepat.

Atau kalau males nulisnya, kamu bisa pake yang dah jadi program :
Download Dummy file maker ( 18 KB)



catatan :
Jika ukuran file yang ingin dibuat (free space) sangat besar ( mungkin ratusan MB atau lebih dari 1 GB), ya ada baiknya kalau dibuat file-file dummy yang kecil. Karena mungkin windows explorer akan telihat hang ketika mengakses file yang cukup besar.

Cara ini tidak menjamin sepenuhnya aman, karena bisa saja virus menghapus file-file di flashdisk dan menginfeksinya. Tetapi dengan cara ini minimal kita bisa mengurangi resiko flashdisk terinfeksi virus atau diisi data oleh program atau orang lain. Jika flashdisk sudah mempunyai fitur write-protected dengan adanya saklar, tombol dsb, maka menggunakan fitur tersebut tentu akan lebih baik.


Berbagi Ilmu thanks to ebsoft

*(`'·.¸(`'·.¸*¤*¸.·'´)¸.·'´)*
«´¨`·.Mr.-[Wahyudi™]-¦ ..·´¨`»
*(¸.·'´(¸.·'´*¤*`'·.¸)`'·.¸)*