Penyebab Terjadinya Perang Dunia 2


Keadaan politik Internasional menjelang Perang dunia 2 menyerupai keadaan tahun 1900-1914 sebelum perang dunia 1. Ada yang menyatakan bahwa perang dunia 2 merupakan lanjutan perang dunia 1. Perang dunia 1 merupakan balas dendam Perancis terhadap Jerman karena di permalukan dalam kekalahan ketika kalah perang tahun 1879-1871. Selain itu dalam masalah industri, Jerman juga bersaing dengan Inggris.

Dengan persaingan itu maka terbentuklah persekutuan militer (aliansi). Ada dua persekutuan, yakni triple alliance yang kemudian dikenal dengan blok Sentral yang terdiri dari Jerman, Austria dan Italia. Triple Entence yang kemudian disebut dengan blok sekutu yaitu terdiri dari Prancis, Inggris dan Rusia atau Uni Sovyet.

Pada tahun 1914 tepatnya tanggal 1 Agustus Jerman mengumumkan perang terhadap Uni Sovyet dan disusul Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman tanggal 3 Agustus 1914. Kemudian tanggal 4 Agustus Inggris mengumumkan perang terhadap Jerman. Selajutnya berkecambuklah perang yang hampir melibatkan seluruh dunia dikenal dengan nama perang dunia 1.

Perang berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada tanggal 11 November 1918. Sebagai pihak paling kalah Jerman harus membayar ganti rugi kepada sekutu dengan dikuatkan dalam perjanjian Perjanjian Versilles pada tahun 1919. Kekalahan Jerman dengan telak ini meberikesempatan kepada Adolf Hitler membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Prancis.

Adolf Hitler mengembangkan fasilitas dan kemudian memulai perang dunia 2 menyerbu Polandia pada tanggal 1 september 1939 di kota Denzig. Peristiwa itulah yang menjadi sebab terjadinya perang dunia 2.


 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !


2 komentar:

Plisss...
Jangan nyepam (spam), jangan promosi (apapun itu), jangan SARA, jangan OOT...

Mohon kerja samanya, berikan komentar yang berbobot dan bermanfaat bagi semua... ^^

Artikel Unggulan

Panduan Makan Sehat bagi Generasi Z: Tips Mudah untuk Menjaga Energi dan Kesehatan

Menjaga Kesehatan dan Energi saat Berlatih: Nutrisi Penting untuk Atlet Generasi Z Gaya hidup aktif dan olahraga merupakan hal yang sangat p...

Paling Populer dalam Sebulan