Garam bisa membuat masakan menjadi lebih gurih. Tapi, mengapa harus mengurangi asupannya....?

Garam memang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan lezat. Tetapi, jangan sampai kita mengonsumsinya secara berlebihan.

Kamu pasti sudah tahu, konsumsi garam berlebih bisa bisa membuat tekanan darah meningkat. Selain itu, ada tiga alasan kesehatan, kita harus mengontrol konsumsi garam. Berikut adalah alasannya :

  1. Garam dapat membuat kita haus minuman tinggi kalori

    Penelitian yang dilakukan Graham MacGregor, seorang profesor kedokteran jantung di St George's, University of London, Inggris menunjukkan, anak-anak yang mengonsumsi makanan dengan garam tinggi, minum sedikitnya dua kali minuman kalori tinggi (minuman bersoda) per minggu. Efek sama juga terlihat pada orang dewasa.

    Jadi, jika mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi, kita cenderung lebih suka mengonsumsi minuman bersoda yang berkalori tinggi.
     
  2. Garam memicu ginjal mempertahankan cairan

    Garam menyebabkan ginjal mempertahankan cairan dan hal ini meningkatkan tekanan darah di arteri. Sebuah studi dari "National Heart, Lung, and Blood Institute" di Amerika Serikat menemukan, mengubah menu makanan yang mengandung garam tinggi menjadi rendah garam atau tanpa garam, efektivitasnya sama dengan obat penurun tekanan darah.
     
  3. Garam membuat tulang mudah rapuh

    "Konsumsi garam dalam jumlah tinggi meningkatkan jumlah urin yang meluruhkan kalsium," kata Caryl Nowson, ahli nutrisi dan profesor dari Deakin University, Australia, seperti dikutip dari Best Health.
Ketika kita mengeluarkan kalsium melalui urin terlalu banyak, maka penyerapan kalsium di usus meningkat. Hal ini mengakibatkan tubuh mengambil kalsium dari tulang dan bisa membuatnya mudah rapuh.

Jadi, kenapa kita nggak mengurangi garam demi kesehatan kita sendiri...???


 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !