Komputer lemot karena RAM kurang gede ?
Mau beli RAM tapi gak ada biaya ?

Udah, pake cara yang ini aja, Jadikan USB Flash Disk ataupun MMC mu sebagai RAM di komputer atau laptop kamu !!!

Memang, menambah memory (RAM) adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan performa. Tapi memory tidaklah murah, dan susah dipraktikkan untuk pengguna awam.

Pada Windows Vista sudah dikenal dengan nama ReadyBoost, sebuah konsep menambah memory tanpa menggunakan keping RAM. Anda bisa memanfaatkan flash memory seperti USB flash disk dan memory card (MC).


Tetapi sayangnya anda bukan pengguna Vista ? Anda masih menggunakan XP ?
Jangan khawatir, anda tetap bisa menggunakan fitur layaknya ReadyBoost pada Windows XP.

Untuk meningkatkan performa di XP dengan menggunakan tambahan flash disk persis seperti di Vista, anda bisa memanfaatkan eBoostr. Aplikasi ini sanggup bekerja dengan 4 perangkat sekaligus hingga 4 GB per perangkat.

Saya akan menjelaskan sedikit, cara pemakaianya..
  1. Seperti biasa, Install eBoostr
  2. Setelah restart, eBoostr akan langsung diaktifkan. Pada jendela yg muncul pilih yes
  3. Pilih perngkat yg akan dijadikan cache, dalam hal ini tentu saja flash disk atau MC anda (dalam keadaan terpasang pada komputer). Kemudian tentukan juga kapasitas cache yg diinginkan
  4. Tunggu sebentar hingga muncul jendela "Do you want to build the cache file on the device now?" pilih yes, lalu tunggu sampai proses selesai

Apabila proses diatas selesai maka didalam flash disk atau MC anda terdapat file dengan ukuran/size yg sangat besar (sesuai dgn pengisian jumlah cache diawal), jadi anda jangan kaget dan file ini tersembunyi/hidden. Flash disk atau MC yg dipakai untuk eBosstr, tetap bisa dipakai untuk menyimpan file lain asalkan mempunyai ruang yg cukup.

Untuk menambahkan RAM pada komputer, anda hanya tinggal me-colok-an flash disk atau MC ke komputer yg telah ter-install eBoostr.



Alternatif lain :



Spesifikasi yang dibutuhkan yaitu :
  • Windows Vista, Windows XP, Windows 2000(Windows 2000 Service Pack 4 dan Update Rollup 1 for SP4), Windows 2003 Server, Windows 2008 Server, Windows 7 RC (all 32 and 64 bit systems supported)
  • USB 2.0 port version atau memory card reader
  • Flash drive atau memory card dengan random read speed 2.5 MB/sec

Pertanyaan pertanyaan yang biasa muncul
Spoiler for Jawabannya:
T: Bisakah menggunakan port USB 1.1?
J: Tidak. USB port version 1.1 sangat lambat. Performa komputer bisa turun. Jadi harus menggunakan port 2.0

T: Apakah memungkinkan menggunakan Intel Turbo Memory dengan eBoostr di Windows XP?
J: Tidak. eBoostr support Intel Turbo Memory hanya di Windows Vista.

T: Berapa yang direkomendasikan untuk besarnya cache? Apakah itu tergantung pada jumlah RAM?
J: Tidak, ukuran cache direkomendasikan tidak tergantung pada jumlah RAM yang telah diinstal. Ukuran yang direkomendasikan adalah 1GB. Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang terinstal di PC (terutama paket software besar seperti Adobe, dll) saya sarankan Anda untuk meningkatkan ukuran cache menjadi 2GB atau lebih.

T: Sebaiknya Flash disk menggunakan ExFAT, FAT32 atau NTFS ?
J: Tidak ada perbedaan kecepatan antara format drive FAT32, atau NTFS ExFAT. Jika drive Anda kurang atau sama dengan 4GB saya sarankan menggunakan FAT32. Gunakan ExFAT (dianjurkan) atau NTFS jika Anda ingin cache file berukuran lebih dari 4GB (pastikan bahwa drive memiliki kecepatan tulis yang baik, pastikan menonaktifkan pilihan "write-cache" pada drive ini untuk mencegah kesalahan "Windows Delayed Write Failed").

Tapi sayangnya software tadi hanyalah versi trial dan tidak memiliki waktu kadaluarsa (no time expiration) dan Anda dapat mengevaluasi selama Anda inginkan. Namun demo produk berfungsi penuh hanya selama 4 jam setelah system boot atau komputer menyala. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi produk dan memperkirakan performanya pada konfigurasi Anda.

Bagi anda yang tertarik versi full-nya, anda bisa buka link berikut http://www.eboostr.com/



*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !