Wah... Keren kan...
The Hidden Files...

Nah, Postingan kali ini berhubungan dengan hidden file tapi bukan hidden file seperti yang di gambar tadi...

Kalau dulu aku pernah menulis tentang cara cara menyembunyikan file file rahasia kedalam gambar seperti Sembunyikan File Rahasia Dengan bmpWrap dan Sembunyikan Data Rahasia Kamu ke Dalam Gambar.


Kedua cara tersebut menggunakan software khusus yang harus di download. Nah, bagi yang males download bisa menggunakan cara yang ini.

Disini kita menggunakan software yang sudah umum ada di Komputer.
Kita akan menggunakan WinRAR untuk melancarkan aksi kita.

Spoiler for Yang belum Paham:
Jadi, disini kita akan membahas tentang bagaimana menyembunyikan file file rahasia yang tidak ingin orang lain mengetahuinya dan file tersebut akan kita masukkan ke dalam sebuah gambar.

Jadi disini kita akan meminjam file gambar atau menjadikan gambar tersebut sebagai brankas, loker atau ruang rahasia untuk menyembunyikan file file rahasia kita dengan menggunakan bantuan WinRAR.

Disinilah sebenarnya inti dari persembunyian kita. Coba kita pikirkan, dalam kondisi wajar, adakah orang yang membuka file gambar dengan aplikasi file compressor??

Pernahkah terlintas dalam pikiran kalian akan membuka gambar-gambar pemandangan dengan menggunakan WinRar?? Tentu tidak bukan??

Tentunya orang pada lazimnya akan membuka file gambar dengan aplikasi olah gambar atau image viewer.
Nah, dengan memanfaatkan psikologi ini maka setidaknya file kita akan tersembunyi dengan aman .

Kini kita bisa mengirimkan file rahasia tersebut kepada orang yang dimaksud dengan tenang. Tentunya jangan lupa untuk memberitahukan orang tersebut mengenai cara membukanya .

Namun cara ini sedikit rumit tapi tetep gampang kok, kita tinggal copas (copy-paste) aja dari sini script-nya.

Oke, langsung aja kita mulai.
  1. Settinglah windows agar menampilkan ekstensi file. Bukalah Control Panel lalu klik 2X pada Folder Options. Masuklah ke tab View lalu hilangkan tanda centang pada opsi "Hide extensions for known file types"

    atau bisa juga lewat Windows Explorer. Pilih menu Tools >> Folder Options...
    gambarnya:
    Pada Jendela Folder Options pilih tab View lalu hilangkan tanda centang pada opsi "Hide extensions for known file types"
    gambarnya:
  2. Persiapkan File rahasianya (ekstensi file terserah), misalnya file_rahasia.ekstensi dan sebuah file gambar (*.bmp, *.jpg, *gif) misalnya gambar.jpg. Simpanlah kedua file tersebut dalam sebuah directory / folder yang sama.

    Spoiler for gambarnya:

    Nah, disana aku mencontohkan file gambar mencari damai.jpg sebagai media penyimpanannya dan sebuah file video sadranan_beach.mpg sebagai file yang akan disembunyikan.

  3. Klik kanan pada file yang akan disembunyikan, tadi dicontohkan adalah sadranan_beach.mpg lalu pilih menu [Add to "sadranan_beach.rar"]. Maka akan tercipta file baru dengan nama sadranan_beach.rar

    Penting:
    Setiap nama file yang akan disembunyikan dan nama file yang akan dijadikan media penyimpanan jangan mengandung "spasi".

    Contoh yang salah : sadranan beach.mpg
    Contoh yang benar : sadranan_beach.mpg

  4. Sekarang bukalah aplikasi NOTEPAD lalu ketik atau copy script berikut :

    @echo off
    ren sadranan_beach.rar sadranan_beach.mpg.rar
    copy /b mencari_damai.jpg+sadranan_beach.mpg.rar hasilnya.jpg
    del sadranan_beach.mpg
    del mencari_damai.jpg
    del sadranan_beach.mpg.rar
    del sembunyikan.bat

    Ingat!! Sesuaikan nama-nama file pada script diatas dengan nama file yang akan kita pakai (kecuali sembunyikan.bat). Perhatikan juga pada baris berikut:

    • ren sadranan_beach.rar sadranan_beach.mpg.rar

      Format penulisan: Ren namafilekamu.rar namafilekamu.ekstensisebelumnya.rar

      Jadi, jika misalnya file kamu sebelumnya adalah rahasia.exe dan setelah di rar menjadi rahasia.rar, maka penulisannya adalah:

      ren raahsia.rar rahasia.exe.rar

    • Perhatikan juga pada nama file hasilnya.jpg. Ubahlah hasilnya.jpg menjadi hasilnya.ekstensi_file_gambar_kamu_yang_dijadikan_sebagai_media. Jadi, misalnya file gambar yang kamu pergunakan untuk menyembunyikan file rahasia nantinya adalah mencari_damai.gif (ingat berekstensi .gif), maka ubahlah hasilnya.jpg menjadi hasilnya.gif

    • del sadranan_beach.mpg adalah optional saja. Jadi apabila dalam satu folder tersebut masih ada file asli yaitu "sadranan_beach.mpg" maka del sadranan_beach.mpg adalah perintah untuk menghapus file asli tersebut.

    Sekarang simpanlah file notepad tersebut pada lokasi yang sama dengan file-file tadi. Klik [File] [Save As] lalu pada form isian File name ketik sembunyikan.bat Sedangkan pada Save as type pilih "All files". Klik [Save] sesudahnya.

  5. Tutup semua program yang tebuka (misal: sadranan_beach.mpg, mencari_damai.jpg, sembunyikan.bat, dan sadranan_beach.rar). Sekarang bukalah folder tempat kita menyimpan semua file-file tadi.

    Maka kita akan mendapati file file berikut :

    Dobel klik pada file sembunyikan.bat. Tunggulah hingga sekelebat bayangan windows command processor tampil.

    Jika berhasil, semua file pada folder tersebut akan hilang digantikan dengan sebuah file baru bernama hasilnya.jpg

    Spoiler for gambarnya:
Coba perhatikan ukuran dari file hasilnya.jpg diatas. Berbeda kan dengan file gambar sebelumnya "mencari_damai.jpg" yang hanya sebesar 136 kb.

Sekilas memang tak ada bedanya kecuali ukurannya yang bertambah besar. Saat gambar tersebut dibuka pun juga tidak ada bedanya dengan gambar aslinya. Jadi orang lain tidak akan tau kalau didalam gambar tersebut tersimpan sebuah rahasia besar.
Nah Lo.... Lantas bagaimana cara membuka file rahasia tersebut...???

Tenang, kita dapat membukanya dengan cara klik kanan file tersebut lalu pilih Open With >> WinRAR Maka akan terlihat sebuah rahasia besar yang tersembunyi dalam sebuah gambar... .
Kita dapat mengekstraknya layaknya file rar pada umumnya...

Bagaimana, Tertarik untuk mencoba...???



*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !