Dalam kehidupan sehari hari ternyata banyak sekali hal hal yang baik untuk kesehatan kita namun kita sendiri tidak menyadarinya.

Dari hal hal yang kecil sekalipun ternyata mengandung manfaat yang besar bagi tubuh. Seperti,

  • Gunakan bagian tangan anda yang tidak dominan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti menyikat gigi atau mengklik mouse di komputer. Perubahan kecil ini akan mengaktifkan saraf-saraf di otak, mempertajam memori dan memberi kesempatan sel di otak untuk tetap bekerja dan tetap hidup.

  • Banyaklah bergerak untuk menghambat proses penuaan. Banyak aktivitas fisik membuat DNA telomeres lebih lama memendek karena semakin cepat telomeres memendek akan semakin cepat proses penuaan yang terjadi.

Nah, apabila kita akan menghadapi ujian, wawancara, presentasi atau mengalami hal hal yang tak terduga duga dan sebagainya biasanya rasa panik, gugup akan datang. Namun ternyata,
  • Bernyanyi atau mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa panik yang tiba-tiba menyerang. Dengan mengalihkan ke hal-hal yang membuat nyaman gejala panik bisa berkurang.

Bagi pelajar maupun orang orang yang bekerja dan beraktifitas dengan menggunakan komputer ternyata ada fakta menarik seperti,
  • Surfing internet sejam dalam sehari selama 5 hari bisa membuat bagian otak depan jadi lebih aktif, yang berhubungan dengan tingkat kecerdasan (IQ) yang juga bisa ikut meningkat.
Akan tetapi perlu diingat
  • Ketika bekerja di depan layar komputer biasakanlah setiap 50 menit mengistirahatkan mata selama 5 menit dengan memfokuskan mata ke tanaman yang berwarna hijau.

Fakta menarik lainnya adalah
  • Bad mood atau pikiran negatif ada manfaatnya membuat otak lebih aktif, konsentrasi, jarang melakukan kesalahan, bahkan mungkin membuat seseorang lebih cerdas.

  • Ingin berbisik, silakan di telinga kanan karena telinga kanan akan tersambung dengan otak kiri yang mengatur proses informasi verbal.

  • Mematikan lampu ketika tidur malam dapat menghasilkan zat melantonin yang mampu memerangi dan mencegah kanker payudara dan kanker prostat juga dipercaya dapat membuat awet muda serta umur panjang.

Kesehatan organ dalam juga dapat dilihat melalui kulit. Karena jika :
  • Kulit berwarna sedikit merah artinya tubuh penuh darah dan oksigen yang berarti jantung dan paru-paru sehat. Sedangkan warna kulit kurang cerah kemungkinan bermasalah dengan diabetes atau jantung akibat penyumbatan pembuluh darah dalam kulit.

Untuk makanan dan minuman yang kadang kita pandang sebelah mata ternyata mempunyai manfaat yang begitu besar bagi tubuh seperti :
  • Minumlah larutan campuran air kelapa muda hijau dengan air perasan jeruk nipis secara teratur sehari tiga kali untuk membantu penyembuhan demam berdarah. Air kelapa adalah sumber alami dari elektrolit seperti potasium dan sodium.

  • Minum kopi dalam jumlah wajar bisa meningkatkan kemampuan otak, membunuh bakteri di mulut dan mencegah infeksi saluran kemih dan memperlambat penyebaran penyakit liver.

  • Anggur merah dan coklat hitam (dark chocolate) ampuh membunuh kanker karena kandungan zat kimia di dalamnya memiliki fungsi menghentikan aliran pasokan darah ke jaringan tumor sehingga sel-sel kanker tersebut akan kelaparan yang nantinya akan mati.

  • Singkong memiliki berbagai khasiat sebagai obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, dan bisa meningkatkan stamina.

  • Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh.

  • Minum air rebusan kulit pisang beberapa kali dalam seminggu bisa mengatasi depresi karena kulit pisang mengandung serotonin yakni hormon yang mengatur mood (suasana hati) menjadi baik dan menurunkan stres.

  • Daun salam efektif menurunkan tekanan darah dan kolesterol dan asam urat hingga gatal-gatal, kudis dan eksim. Caranya ambil 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc lalu rebusan diminum teratur.

Untuk yang biasa minum teh di sore/malam hari dan teh dalam teko tersebut tidak habis atau masih bersisa di keesokan harinya, ternyata
  • Mencuci muka dengan air teh basi secara rutin memberikan efek bagus untuk kulit wajah bersih, halus dan berseri.

Bagi para orang tua yang memiliki anak yang sedang demam,
  • Jangan menggunakan alkohol sebagai kompres anak karena dapat menyebabkan kehilangan panas terlalu cepat dan bisa menyebabkan keracunan alkohol.

Untuk siapa saja yang mempunyai waktu luang di pagi hari, cobalah hal berikut ini :
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi (pukul 07.00-09.00) selama 10 menit bisa mencegah terserang osteoporosis. Sinar matahari pagi hari sangat bagus karena mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

  • Berjemur di bawah sinar matahari cocok bagi pria yang ingin meningkatkan hormon testosteron, yakni hormon pemicu hasrat seksual dalam darah. Berjemur akan menambah vitamin D dalam tubuh yang membantu kenaikan testosteron.

  • Cahaya matahari sangat bagus untuk meningkatkan fungsi kognitif seseorang sehingga terhindar dari pelemahan otak. Seringlah keluar dari ruangan dan dapatkan sinar matahari untuk mempertajam kemampuan otak.
Semoga tips tips sederhana tadi dapat bermanfaat bagi anda semua.
Dan apabila memang bermanfaat, bagikanlah kepada yang lain melalui facebook dengak klik tombol "Bagikan" di bawah. :D


*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*





Visit Wahyudi Blog !