Laut terindah Indonesia

Laut Indonesia begitu kaya akan
terumbu karang dan biota laut.
Yuk menyelam di 8 lokasi favorit ini!
Sebagai negara kepulauan, tak heran jika Indonesia menyimpan begitu banyak ‘permata’ di balik lautnya.

Terumbu karang yang cantik dengan penghuninya yang tidak kalah beragam tersebar di berbagai daerah.

Majalah Unearthing Asia memilih 8 lokasi menyelam favorit di Indonesia.

Sebelum berkeliling ke negara lain, Anda harus mendatangi tempat-tempat ini!

  1. Bintan, Riau

    Spoiler for gambarnya:
    Lagoi beach, Bintan
    Bintan menawarkan 18 km pantai pasir putih dengan biota laut yang kaya. Tidak jauh dari pantai, Anda bisa melihat ngarai laut sedalam 8 meter dengan dasar yang rata, tempat yang sempurna untuk belajar menyelam. Anda juga bisa menjelajahi kapal tanker tua yang telah lama tenggelam.

  2. Pulau Seribu, Jakarta

    Spoiler for gambarnya:
    Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan salah satu perwakilan kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia yang terletak kurang lebih 45 km sebelah Utara Jakarta.
    Jika kita membayangkan Jakarta, maka yang muncul di benak adalah gedung bertingkat dan jalanan macet. Siapa sangka, di Jakarta kita juga bisa menikmati keindahan laut. Kepulauan Seribu, rumah bagi terumbu karang yang cantik, hanya berjarak satu hingga dua jam dari dermaga Marina, Jakarta dengan kapal cepat. Beberapa pulau yang terkenal adalah Pulau Kotok Besar, Pulau Kotok Kecil, Karang Bongkok, Pulau Sepa dan Pulau Pantara. Anda cukup menyewa kapal yang lebih kecil untuk menuju lokasi menyelam, yang tidak kalah indah dengan daerah lain di Indonesia.

  3. Karimun Jawa, Jawa Tengah

    Spoiler for gambarnya:
    Terumbu Karang di Karimun Jawa, gambar diambil dari atas kapal.
    Selain Kepulauan Seribu, Laut Jawa masih memiliki surga terumbu karang lain, yaitu di utara Semarang, Jawa Tengah. Kepulauan Karimun Jawa terdiri dari 27 pulau yang dilingkupi deretan terumbu karang koral biru Acropora. Di Karimun Jawa Anda juga bisa melihat bangkai Indonour, kapal dagang yang tenggelam tahun 1955. Jangan lupa berenang dengan bayi hiu di lokasi penangkaran!

  4. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

    Spoiler for gambarnya:
    Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur
    Sekitar 50 mil Tanjung Redeb, Ibukota Kabupaten Berau, terdapat terumbu karang yang spektakuler dan gua bawah laut. Derawan memiliki lebih dari 17 lokasi menyelam, dengan keunikan tersendiri. Beberapa lokasi paling terkenal adalah sekitar Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban dan Pulau Maratua.

    Di Sangalaki, Anda bisa melihat berbagai jenis ikan pari, sotong dan hiu macan. Anda juga bisa mengamati kura-kura raksasa meletakkan telur di malam hari. Sedangkan di Pulau Kakaban terdapat danau air asin berisi ubur-ubur tak bersengat. Dan di Pulau Maratua, Anda akan menemukan barakuda serta tuna. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat hiu martil dan delapan jenis lumba-lumba.

  5. Pulau Komodo, Flores

    Spoiler for gambarnya:
    pulau kodo memang gersang, namun dia memiliki keindahan pantai yang luar biasa indahnya, airnya jernih sampai-sampai dasarnya hampir terlihat dari atas perahu dan membuat kita ingin menyelam dan berenang menikmati air laut yang jernih itu.
    Tidak hanya komodo yang mengisi Pulau Komodo. Di bawah laut, terdapat berbagai jenis ikan bewarna-warni yang sangat indah. Lokasi menyelam di Pulau Komodo, seperti Sebayour Kecil, Pulau Tengah Kecil dan Pantai Merah, adalah salah satu yang terindah di Indonesia. Anda juga bisa menuju daerah barat Flores seperti Pulau Tatawa, Pulau Tatawa Kecil, Pulau Rinca and Pulau Nusa Node.

  6. Nusa Penida, Bali

    Spoiler for gambarnya:
    Nusa Penida merupakan pulau terbesar dari gugusan pulau yang terletak di Tenggara Pulau Bali. Potensi bahari Nusa Penida tak diragukan lagi. Pantai yang indah dan ombak yang menantang, mengundang para peselancar dalam dan luar negeri untuk mengendarai ombak diatas sebilah papan selancar. 
    Pulau Nusa Penida terletak satu jam dari Bali, dan memiliki salah satu terumbu karang paling sehat yang bisa terlihat jelas dari jarak 15 hingga 35 meter. Ada berbagai lokasi menyelam di daerah utara pantai. Silakan mencoba menyelam di Blue Corner, Nusa Lembongan dan Gamat, untuk Anda yang sudah berpengalaman dan mencari tantangan.

  7. Bunaken, Sulawesi Utara

    Spoiler for gambarnya:
    Pertunjukan utamanya adalah keindahan baharinya yang sangat menakjubkan. Bebatuan koral yang sangat alami, dihuni oleh beragam jenis mahluk laut yang begitu cantik sangat memukau mata.
    Bunaken punya reputasi internasional untuk keindahan 16 lokasi menyelamnya, termasuk lereng 30 meter yang menjadi rumah berbagai spesies ikan dan biota laut. Beberapa lokasi menyelam utama adalah Pulau Sialdoen, Gangga, Mantehage, Nine dan gunung berapi laut bernama Manado Tua.

  8. Selat Lembeh, Sulawesi Utara

    Spoiler for gambarnya:
    Banggai cardinalfish di Selat Lembeh Sulawesi Utara
    Masih di Sulawesi Utara, terdapat satu lagi surga menyelam, yaitu di Selat Lembeh. Lokasi ini terkenal dengan biota lautnya yang unik, seperti gurita bunglon, kuda laut mini, ikan katak dan sotong flamboyan. Namun hati-hati, Selat Lembeh hanya cocok untuk penyelam berpengalaman.


*.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*




Visit Wahyudi Blog !

Sumber: id.yseablog.com