MENGONSUMSI makanan bagus untuk kesehatan, tapi pastikan jenis yang Anda pilih memang menyehatkan. Apa sajakah itu?

Mengonsumsi camilan kurang sehat bisa menambah bobot tubuh. Jadi, cermatlah dalam memilah camilan sehat, seperti dilansir Cosmopolitan, Kamis (5/1/2012).


Keripik kentang
Makanan satu ini masuk dalam jajaran makanan yang bisa membuat badan Anda gemuk karena keripik kentang ternyata mengandung jumlah kalori lumayan besar, terlebih kebanyakan keripik kentang yang dijual menggunakan pengawet.

Sushi roll
Sebenarnya, sushi roll termasuk makanan yang menyehatkan karena di dalamnya terdapat sayuran dan dibungkus rumput laut. Kadar kalori tetap rendah, tetapi bila sushi roll dibalut keju atau mayones sebagai topping, itu membuat badan Anda menjadi gemuk. Belum lagi bila Anda mengonsumsi tempura karena dalam makanan tersebut mengandung 500-600 kalori.

Buah kering
Buah memang baik buat Anda, namun dalam mengonsumsi buah-buahan, sebaiknya pandai memilah. Ada buah-buahan yang ketika dimakan justru membuat badan bertambah gemuk. Buah anggur, misalnya, memiliki 60 kalori, kismis lebih tinggi kadar kalorinya yaitu mencapai 460.

Granola
Makanan yang satu ini sejenis kacang-kacangan namun dibalik kegurihan kacang ini terdapat kadar gula yang tinggi karena bisa mencapai 500 kalori untuk satu kacangnya.

Muffins
Bila Anda penyuka makanan kue muffin dan sedang tidak ingin menggemukkan badan, lebih baik Anda menyudahi untuk mengonsumsi muffin. Karena kadar lemak dan kalorinya sangat tinggi, yaitu 20 gram lemak dan 420 kalori, belum lagi ditambah kadar gula yang lumayan tinggi yaitu 34 gram.

Serba manis
Kandungan manis memang bagus, terutama bila Anda habis melakukan pekerjaan yang berat maupun olahraga. Anda membutuhkan gula, namun bila mengonsumsi olahan serba manis secara berlebih, maka memungkinkan berat badan Anda untuk naik.

Wraps
Makanan ini sejenis olahan roti gulung maupun sejenis roti sandwich. Satu makanan wraps Anda bisa mendapatkan kadar kalori sebanyak 300. Bila Anda tidak bisa melepaskan kebiasaan mengonsumsi makananya, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi dengan jumlah yang tidak banyak, misalnya dalam satu hari hanya mengonsumsi cukup separuh.

Kue beras
Kebanyakan kue diolah dari tepung beras. Sebenarnya, makanan ini termasuk makanan ringan bebas lemak dan rendah kalori, tetapi bila bicara kesehatan maka kue ini sangat kurang dalam kadar serat dan protein.

Burger
Makanan cepat saji ini memiliki kadar kalori sangat tinggi yaitu sekira 1000 kalori, terlebih di dalamnya terdapat keju, daging sapi meskipun tetap dibaluti oleh sayuran namun itu tetap tidak membuat kadar kalori Anda rendah.

Jus
Untuk jus, Anda disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah agar kadar kalori yang Anda dapatkan tidak terlalu tinggi. Ini berbeda ketika Anda membelinya di supermarket, bukannya tidak boleh Anda mengonsumsinya, tapi Anda harus ingat bila Anda tidak ingin gemuk sebaiknya mulai dikurangi.

Teh botol
Bagi Anda penyuka minuman ini sebaiknya mulai Anda kurangi. Bukan sebatas teh botol, tetapi semua minuman yang mengandung kadar manis memiliki kalori mencapai 200-350 untuk satu jenis minuman.

Salad
Olahan salad sebenarnya bagus buat Anda konsumsi karena di dalamnya terdapat banyak sayuran. Namun, salad menjadi tidak baik bila Anda menambahkan keju, kacang manis, maka itu bisa meninggikan kalori bagi tubuh Anda.

Tahu
Makanan ini juga bagus buat tubuh Anda, karena olahan kacang kedelai yang ada di dalamnya. Namun, sering kali untuk menambah selera, diberi tepung sebagai variasi. Cara itulah yang membuat badan Anda mendapatkan tumpukan kalori. (Sumber: PlasaMSN)


 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !