Tau kah kamu...? ternyata diabetes adalah penyakit yang menyebabkan kematian no 3 di Indonesia. Memang benar Diabetes itu bukan penyakit yang menular, lah kok bisa mematikan ya...?
Lalu, apa sih diabetes itu...?
Terus, bagaimana cara pencegahannya ya....?

Diabetes Melitus atau yang dikenal dengan kencing manis atau gula darah merupakan penyakit yang disebabkan karena penyerapan gula yang dikonsumsi tidak diserap dengan maksimal, sehingga gula akan tertimbun dalam tubuh.


WHO melansir data pada tahun 2009 di Indonesia 8 juta penduduknya menderita penyakit diabetes. Hal ini menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-4 di dunia sebagai Negara dengan jumlah penduduk penderita diabetes terbesar di dunia. Dan China saat ini menjadi negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia dengan 92,4 juta penderita diabetes. Sekitar 61% tidaknya tidak menyadari bahwa mereka telah menderita diabetes.

Penyakit Diabetes Mellitus (DM) yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah adalah golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Insulin adalah salah satu hormon yang diproduksi oleh pankreas yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah/kadar gula dalam darah dan insulin dibutuhkan untuk merubah (memproses) karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang diperlukan tubuh manusia. Hormon insulin berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah.

Nah, sekarang saya akan berbagi tips tentang pencegahan penyakit diabetes. Are you ready...?
  1. Kontrol karbohidrat terutama karbo sederhana yang secara cepat akan diubah menjadi gula sehingga cepat menaikkan kadar glukosa. Itu sebabnya karbohidrat sederhana, seperti gula, sirop atau nasi dibatasi untuk penderita diabetes yakni tidak melebihi 10 persen. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah atau pasta.
  2. Olahraga ringan selama 30 menit setiap hari, ini sudah cukup mengurangi risiko diabetes hingga 58 persen. 
  3. Tingkatkan protein. Protein tidak hanya meningkatkan level energi tubuh tapi juga punya efek yang baik untuk kadar gula darah. Keuntungan lain dari mengonsumsi protein adalah membuat perut lebih lama kenyang.
  4. Gizi seimbang. Nah untuk yang satu ini ada rumusnya. Yuk disimak
    • Sarapan satu jam setelah bangun tidur
    • Hindari perut kosong lebih dari empat jam untuk menjaga kadar gula darah
    • Konsumsi protein dan serat setiap kali makan sebagai pengganti penurunan zat karbohidrat
  5. Bila Anda memiliki riwayat keluarga penderita diabetes atau mengalami obesitas, Periksa kadar gula darah secara rutin
  6. Ada kondisi yang disebut pradiabetes, yakni dimana kadar gula darah sudah melampaui normal namun belum mencapai batas diagnosis.
Jika tidak ditangani dengan baik kondisi ini bisa berkembang menjadi diabetes dalam waktu 5-10 tahun.


Sumber:
  • http://forum.ampm.co.id/showthread.php?t=9254
  • http://agen-gamat.biz/2011/12/jelly-gamat/obat/pengobatan-diabetes-mellitus/




 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !