RAM (Random Access Memory) adalah satu komponen yang bertanggung jawab terhadap semua aktifitas sistem komputer. Semua proses aplikatif yang berjalan pada sistem akan tersimpan di dalam RAM, baik itu yg diperlukan ataupun tidak diperlukan oleh sistem komputer. Proses-proses yang tidak diperlukan oleh sistem inilah yang sering menyebabkan komputer berjalan lambat, error, ataupun nge-hang/lag. Maka dari itu, kita perlu untuk selalu rutin menyegarkan kembali kinerja RAM. Masalahnya adalah kita butuh tools tertentu, atau menggunakan cara konvensional untuk menyegarkan RAM. nah, saya kali ini akan membahas bagaimana cara menyegarkan RAM dengan hanya memakai notepad saja.


Pertama, jalankan aplikasi notepad dulu..
Setelah itu ketik bentuk script berikut ini..

FreeMem=(1280000000)
FreeMem=(2560000000)
FreeMem=(5120000000)
FreeMem=(10240000000)

Simpan script dalam format file Vbscript. Klik menu file->Save as. kasih nama, misalnya Refresh RAM.vbs dan klik tombol save untuk menyimpan script. Untuk menyegarkan kembali RAM komputer cukup lakukan double click pada Refresh Ram.vbs secara otomatis script tersebut akan refresh/menyegarkan kembali RAM komputer ...

Cara lain yang lebih mudah adalah:
  1. Klik kanan mouse di desktop, pilih New -> Shortcut.
  2. Ketik :

    %windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks

    pada kolom isian yang muncul.
  3. Klik Next. Lalu beri nama shortcut tadi, nama yang dapat diberikan bebas sesuai keinginan kita, atau lewat aja namanya otomatis jadi rundll32.exe.
  4. Klik Finish
Kapan saja komputer kita terasa lambat, klik shortcut yang udah kita buat tadi untuk membersihkan RAM. Sebetulnya prinsip kerjanya mungkin sama saja seperti RAM Booster atau aplikasi sejenisnya, tapi tidak kalah kok seperti software software sejenis lainnya.



 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*




Visit Wahyudi Blog !