Thailand belum pernah dijajah...?
Apakah benar...?
Sebetulnya dulu ibukota Thailand adalah Ayuthayya, sebuah kota yang saat ini berjarak 2 jam dari Bangkok dan menjadi kota wisata UNESCO. Ayuthayya ini sempat diserang hingga akhirnya dikuasai oleh kerajaan Burma yang waktu itu dikenal sangat kuat, bukti ini dapat terlihat dari patung budha yang banyak dipenggal oleh kerajaan Burma (masih ada sampe sekarang) Nah sampai akhirnya ibukota Thailand dipindahkan ke Bangkok untuk mengumpulkan kekuatan dan meguasai ayuthayya kembali. Pemerintah Myanmar hingga saat ini masih merasa bahwa Myanmar pernah menjajah Thailand, tapi Pemerintah Thailand selelau merasa mereka tetap belum pernah dijajajh siapapun (jadi kedua pemerintah ini seperti perang dingin jadinya)


Kerajaan Thailand mulai terbuka saat King Rama V memimpin, sampai saat ini beliau dikenal sebagai raja terbaik dan patungnya sangat perkasa sampat hari ini masih berdiri di Bangkok. King Rama V menyuruh seluruh rakyat Thailand untuk mengganti sepatu tradisional Thailand dengan sepatu eropa yang modern, lalu busana tradisional menjadi lebih modern dengan gaya eropa, hal ini dibuat king rama V ketika bangsa eropa mulai berdatangan untuk berdagang sehingga kelihatannya rakyat Thailand menjadi bukan rakyat terbelakang dengan busana jadul tapi menjadi terlihat rakyat Thailand terlihat setara dengan bangsa eropa, sehingga bangsa eropa berpikir Thailand seperti teman bukan lahan jajahan.

King Rama V juga menjadikan tentara eropa seperti anak buah dia, jadi tentara Portugis dan Belanda atau yang lain malah dibayar untuk menjaga Thailand dari kerajaan sekitar seperti Burma atau Cina. Raja mereka udah berani memposisikan Thailand itu berada di atas Bangsa Eropa dengan berani membayar tentara Eropa. Lalu Thailand juga membayar arsitek arsitek Eropa untuk membangun berbagai gedung gedung di Thailand dan juga berbagai Benteng di Thailand jadi bentuk dan kualitas benteng di Thailand itu sama kayak di Eropa jadi kalau bangsa Eropa mau nyerang mereka juga kesulitan, sampai saat ini dari 14 benteng yang sempat dibangun masih ada 2 tersisa dan bisa dilihat, bangunan eropa pun bisa dilihat di kompleks Grand Palace.

Untuk pendidikan Raja Thailand selalu mengirim anggota keluarganya untuk belajar di Eropa, sampai hari ini , termasuk King Rama IX atau yang akrab disapa King Bhumibbol Adulyadej atau raja mereka sekarang itu lulusan Eropa, istrinya Queen Sirikit juga, anak anaknya juga semua lulusan eropa. dan Raja dengan yayasannya sampai hari ini memiliki program beasiswa dan pertukaran pelajar yang sangat banyak dan sering baik itu dengan Eropa, Amerika sampai negara asia seperti Jepang, Korsel, dll. Saking cintanya rakyat dengan Rajanya mereka yang dapat beasisiwa ini pasti balik lagi dan membuat maju Thailand, contohnya Perdana Menteri Thailand sekarang Abhisit Vejhativa. (puretna)


 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !