Tak hanya negara-negara di luar negeri saja yang memiliki istana kenegaraan yang megah dengan arsitekturnya yang menarik, Indonesia pun memiliki beberapa istana yang megah dengan arsitekturnya yang menawan serta menyimpan berbagai sejarah yang panjang dan menjadi pesona tersendiri, baik bagi wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara yang mengunjunginya.

Ini dia lima istana kenegaraan,


Istana Merdeka, Jakarta


Istana yang dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.W. van Lansberge pada tahun 1873 ini terletak di Jalan Merdeka Utara dengan menghadap ke arah Taman Monumen Nasional. Pada awalnya, Istana ini bernama Istana Gambir dan menjadi saksi sejarah penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintah Belanda pada 27 Desember 1949.

Istana ini merupakan tempat kediaman resmi dan kantor Presiden Indonesia. Selain itu Istana ini juga merupakan tempat penyelenggaraan acara-acara kenegaraan seperti Peringatan Detik-detik Proklamasi, penyambutan tamu negara, dan berbagai acara penting lainnya.


Istana Bogor


Istana yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Bogor ini pada masa pendudukan Belanda dulu bernama Buitenzorg, yang artinya 'tanpa kekhawatiran'. Istana ini dibangun pada Agustus 1744 sebagai tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Gustaaf Wilem Baron van Imhoff. Selama pemerintahan Gubernur Jenderal Belanda maupun Gubernur Jenderal Inggris yaitu Herman Willem Daendels dan Sir Stamford Raffles, istana ini banyak mengalami perubahan.

Pada awalnya istana ini merupakan rumah peristirahatan bagi Gubernur Jenderal lalu berubah menjadi bangunan istana paladian dengan luas halaman 28,4 hektar dan bangunan 14.892 meter persegi. Selain itu pada tahun 1834, istana ini sempat rusak berat akibat gempa yang berasal dari Gunung Salak. Kemudian, Istana ini dibangun kembali pada 1850 dan dijadikan kediaman resmi Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1870.

Setelah masa kemerdekaan yaitu pada 1950 Istana ini resmi menjadi salah satu Istana Presiden Indonesia, dan pada 1968 Istana Bogor resmi dibuka untuk umum. Sejak saat itu, setiap tahunnya 10.000 orang wisatawan mengunjungi istana ini. Selain memiliki arsitektur yang menawan, Istana ini juga memiliki keunikan lain yaitu terdapat rusa-rusa yang berkeliaran bebas di tamannya.


Istana Cipanas


Selain Istana Merdeka dan Istana Bogor, Indonesia juga masih memiliki Istana kepresidenan lainnya yaitu Isatana Cipanas. Istana yang terletak di kaki Gunung Gede, Jawa Barat ini memiliki luas sekitar 26 hektar. Di dalam kompleks Istana ini terdapat hutan kecil yang dipenuhi oleh berbagai tanaman dan kebun hias yang asri.

Pada awalnya istana ini merupakan milik tuan tanah Belanda, yang dibangun pada 1740. Kemudian pada masa Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron van Imhoff, istana ini dijadikan tempat peristirahatan Gubernur Jenderal Hindia Belanda.


Istana Yogyakarta


Istana yang dikenal dengan nama Gedung Agung ini dibangun pada tahun 1824 oleh Anthony Hendriks Smissaerat, yaitu seorang pejabat belanda di Yogyakarta. Pada awalnya istana ini dibangun sebagai istana untuk pejabat-pejabat Belanda di Yogyakarta. Istana yang terletak di pusat kota Yogyakarta ini memiliki luas sekitar 43.585 meter persegi.

Pembangunan istana ini sempat tertunda karena Perang Diponegoro pada 1825-1830, kemudian istana ini dilanjutkan setelah perang Diponegoro usai dan selesai pada tahun 1832. Namun pada tahun 1867, istana ini sempat ambruk akibat gempa bumi yang melanda daerah Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1869, istana ini kembali dibangun di atas reruntuhan sebelumnya dan kini bangunan ini menjadi gedung utama komplek Istana Kepresidenan Yogyakarta yang juga disebut Gedung Negara.


Istana Tampaksiring


Bangunan yang dibangun pada era pemerintahan Presiden Soekarno ini terletak di Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Istana ini dibangun secara bertahap yaitu mulai pada tahun 1957 hingga tahun 1963. Istana ini terdiri atas empat gedung utama, yaitu Wisma Merdeka, Wisma Yudhistira, Wisma Negara, dan Wisma Bima.
(Yahoo Indonesia)




 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !