" Ebola adalah penyakit yang mematikan dan disebabkan oleh virus Ebola. Tahun 2014 adalah saat di mana Ebola menyebar luas di Afrika Barat hingga menjadi wabah yang membahayakan. Hingga kini, vaksin Ebola belum ditemukan. Padahal virus Ebola bisa menular melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh penderita penyakit Ebola. Terutama bagi orang yang berada di dekat tempat yang pernah atau sedang menjadi tempat terjadinya wabah Ebola. "
Cara Melindungi Diri dan Terhindar dari Virus Ebola

Ebola adalah penyakit yang mematikan dan disebabkan oleh virus Ebola. Tahun 2014 adalah saat di mana Ebola menyebar luas di Afrika Barat hingga menjadi wabah yang membahayakan. Hingga kini, vaksin Ebola belum ditemukan. Padahal virus Ebola bisa menular melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh penderita penyakit Ebola. Terutama bagi orang yang berada di dekat tempat yang pernah atau sedang menjadi tempat terjadinya wabah Ebola.

Awal bulan November, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengumumkan bahwa terdapat 72 pekerja Indonesia di Afrika Barat yang terjangkit penyakit Ebola. Akan tetapi Nila tidak menjelaskan apakah para warga negara Indonesia tersebut bekerja sebagai dokter, perawat, atau petugas medis. "Saya meminta agar warga negara Indonesia yang terkena penyakit Ebola tersebut dipantau secara ketat. Demikian pula, bila ada orang Indonesia yang pulang bekerja atau bepergian dari sana."
Meskipun jarak Afrika Barat dan Indonesia lebih dari 10.000 km, akan tetapi Anda harus tetap waspada. Apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit Ebola? Berikut di antaranya:
  • Jaga kebersihan, mulai dari mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir atau dengan pembersih tangan berbahan alkohol dan hindari kontak dengan darah dan cairan tubuh dalam bentuk apa pun.
        
  • Jangan memegang atau menyentuh benda apa pun yang mungkin sempat bersentuhan dengan darah atau cairan tubuh pasien yang terinfeksi Ebola, sepert seprai, pakaian, jarum suntik, serta peralatan medis lainnya.
        
  • Hindari memegang tubuh pasien yang meninggal karena Ebola.
        
  • Hindari kontak dengan kelelawar maupun jenis hewan primata apa pun, terutama dengan darah, cairan tubuh, dan daging mentah dari jenis hewan ini.
        
  • Hindari berbagai rumah sakit di mana pasien Ebola sedang dirawat.
        
  • Setelah kembali dari bepergian ke tempat di mana Ebola tengah terjadi, awasi kesehatan selama 21 hari ke depan dan segera periksakan diri jika terjadi gejala apa pun dari penyakit Ebola yang demam, sakit kepala hebat, sakit pada otot, rasa lemas, diare, muntah, sakit di area perut, serta terjadinya pendarahan maupun memar tanpa sebab.



 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !