" Kala usia sudah menginjak senja, sangat wajar bila uban tumbuh di kepala Anda. Namun ada pula orang mengalami rambut beruban meski umurnya masih sangat muda. Hadirnya rambut putih di kepala tentu bisa berpengaruh pada tingkat percaya diri. Lalu bagaimana trik agar kepala terhindar dari serbuan uban? "
Tips Merawat Rambut Agar Tidak Beruban

Kala usia sudah menginjak senja, sangat wajar bila uban tumbuh di kepala Anda. Namun ada pula orang mengalami rambut beruban meski umurnya masih sangat muda. Hadirnya rambut putih di kepala tentu bisa berpengaruh pada tingkat percaya diri. Lalu bagaimana trik agar kepala terhindar dari serbuan uban?
Uban sebetulnya tidak tumbuh dengan sendirinya, melainkan dari rambut hitam yang berubah putih. Dan ini terjadi karena perubahan warna dari pigmen rambut yang biasa dikenal sebagai melanin. Pergantian warna itu sendiri disebabkan kurangnya asupan oksigen pada bagian batang rambut. Selain mempengaruhi rambut beruban, oksigen yang minim membuat susunan rambut menjadi tidak beraturan.

Menurut Desmond Tobin, profesor biologi dari Universitas Bradford, Inggris, folikel rambut memiliki jam melanogentic yang memperlambat atau menghentikan aktivitas melanosit, sehingga mengurangi pigmen rambut. Hal ini terjadi tepat sebelum rambut mengalami kerontokan. Pun membuat akar rambut menjadi pucat dan mengakibatkan uban.

Tobin menyatakan, rambut beruban pada orang tua terpicu oleh faktor usia dan genetika. Sebab gen pengatur potensi pigmen dari setiap folikel rambut mengalami kelelahan. Sementara rambut beruban pada usia muda terjadi karena status gizi yang buruk. Juga kelainan kelenjar tiroid, ketidakcocokan sampo, faktor genetik, dan stres.

Bila uban menyambangi kulit kepala Anda, ada beberapa cara alami untuk mengusirnya. Seperti mengoleskan minyak kelapa serta air jeruk nipis pada rambut. Kemudian remas, biarkan selama 15 menit, dan bilas. Dengan cara yang sama, Anda juga dapat menggunakan minyak kemiri atau biji papaya. Namun untuk biji pepaya, Anda harus menumbuknya hingga halus. Campurkan dengan minyak kelapa, dan oleskan ke seluruh helai rambut.

Anda bisa pula memanfaatkan yogurt pahit. Caranya, campurkan satu gram gula serta kopi bubuk dengan seratus gram yogurt, dan lumuri dengan halus ke kulit kepala serta rambut. Terakhir, bersihkan dengan air hangat.
Daun teh dapat juga mengusir uban. Caranya, Anda harus menyaring daun teh serta campurkan dengan satu sendok garam, taburkan ke atas kepala dan rambut selama satu jam. Setelahnya, bersihkan dengan air. Cara ini akan efektif jika Anda melakukannya selama sepuluh hari berturut-turut.

Sementara untuk mencegah uban, Anda harus mengurangi makanan yang mengandung pengawet serta zat kimia. Sebab keduanya akan mempengaruhi keindahan dan kesehatan rambut. Juga mesti mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan zat tembaga, seperti kepiting, kerang, serta biji bunga matahari.

Dan jika Anda seorang perokok, berhentilah melakoni kebiasaan itu. Sebab kandungan racun dalam rokok, dapat mempengaruhi penuaan dini serta beruban. Sedangkan stres berlebihan dapat mengurangi cadangan vitamin B12 dan berdampak pada pertumbuhan rambut putih.



 *.:。✿ Don't forget to come back again ✿.。.:*






Visit Wahyudi Blog !